Analisis Pengaruh Belanja Daerah, PMDN, Dan PMA Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Pulau Jawa Tahun 2006—2021

Saputri, Karina Dewi and Prof. Dr. Candra Fajri Ananda, S.E., M.Sc., S.E., M.Sc. (2023) Analisis Pengaruh Belanja Daerah, PMDN, Dan PMA Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Pulau Jawa Tahun 2006—2021. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh belanja daerah, penanaman modal dalam negeri, dan penanaman modal asing terhadap pertumbuhan ekonomi pada seluruh provinsi yang ada di Pulau Jawa tahun 2006—2021. Jenis data yang digunakan adalah data panel dari enam provinsi selama enam belas tahun melalui metode analisis regresi data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belanja daerah, penanaman modal dalam negeri, dan penanaman modal asing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi pada seluruh provinsi yang ada di Pulau Jawa tahun 2006—2021, baik secara parsial maupun simultan. Belanja daerah dan penanaman modal dalam negeri berpengaruh langsung di tahun bersangkutan terhadap pertumbuhan ekonomi, sedangkan penanaman modal asing berpengaruh dalam lag waktu dua tahun. Hal tersebut terjadi karena masih rendahnya tingkat kemudahan berbisnis dan berinvestasi di Indonesia, sehingga pemerintah daerah bersama pemerintah pusat harus lebih melakukan koordinasi untuk membuat regulasi dalam kemudahan berinvestasi, khususnya di daerah-daerah di Pulau Jawa.

English Abstract

The objective of this research is to analyze the effects of regional expenditures, domestic investments, and foreign investment on the economic growth of all provinces in Java during the 2006—2021 period. Using panel data of six provinces across the sixteen-year period analyzed through panel data regression, this study finds that regional expenditures, domestic investment, and foreign direct investment positively and significantly affect the economic growth of all provinces in Java during the 2006—2021 period, both partially and simultaneously. Regional spending and domestic investment have a direct effect in the year concerned on economic growth, while foreign investment has an effect in a two-year lag. This happens because the level of ease of doing business and investing in Indonesia is still low, so that local governments together with the central government must coordinate more to make regulations for ease of investment, especially in areas on the Java.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020318
Uncontrolled Keywords: belanja daerah, penanaman modal dalam negeri, penanaman modal asing, pertumbuhan ekonomi
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:34
Last Modified: 18 Dec 2023 02:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205344
[thumbnail of Karina Dewi Saputri.pdf] Text
Karina Dewi Saputri.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Karina Dewi Saputri.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item