Mulyawati, Indah and Assoc. Prof. Dr. Erwin Saraswati,, Ak, CA, CSRA and Yeney W. Prihatiningtias, SE., MSA., DBA., Ak (2023) Pengaruh Struktur Modal dan Teknologi Terhadap Efisiensi Badan Usaha Jalan Tol. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat efisiensi biaya operasional dan biaya pemeliharaan jalan tol, serta menganalisis pengaruh struktur modal dan teknologi yang diadopsi perusahaan terhadap efisiensi perusahaan jalan tol. Peneliti menganalisis efisiensi biaya operasional dan biaya pemeliharaan atas 20 (dua puluh) ruas jalan tol di Indonesia dengan menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA). Peneliti menganalisis pengaruh Struktur Modal (Debt to Equity Ratio) dan kecanggihan teknologi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang diproksikan dengan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) terhadap efisiensi Badan Usaha Jalan Tol dengan teknik regresi Tobit. Hasil olahan data DEA menghasilkan tingkat efisiensi jalan tol cenderung konstan pada tahun 2018- 2020 dan menurun tajam pada tahun 2021-2022. Semakin tinggi rasio hutang perusahaan maka semakin tingkat efisiensi perusahaan semakin optimal. Temuan ini mengindikasikan bahwa biaya ekuitas lebih tinggi dibandingkan biaya hutang pada industri jalan tol sehingga rasio hutang yang tinggi mampu meningkatkan efisiensi BUJT, sedangkan semakin canggih teknologi yang diadopsi perusahaan justru menurunkantingkat efisiensi BUJT. Hal tersebut disebabkan teknologi yang canggih akan menimbulkan biaya yang tinggi mulai dari pengadaan hingga pemeliharaan, namun penurunan tingkat efisiensi ini mungkin hanya terjadi pada sementara waktu. Hasil pengukuran tingkat efisiensi pada penelitian ini diharapkan dapat menjadi inovasi pengukuran kinerja bagi BUJT di Indonesia.
English Abstract
The objectives of this research are to measure the efficiency of toll road operational cost and maintenance cost and to analyze the influence of capital structure and technologies on the efficiency of toll road companies. This study measures the operational cost and maintenance cost efficiencies of twenty toll roads in Indonesia using Data Envelopment Analysis (DEA). Then, the effect of capital structure (Debt-to-Equity Ratio) and the technology level of Toll Road Business Unit, which are proxied by Gross Regional Domestic Product, on the efficiency of Toll Road Business Unit was analyzed using Tobit regression. The results of the DEA show that the efficiency of the business units tended to be constant during the 2018-2020 period but decreased sharply during the 2021- 2022. The higher the companies’ debt ratio, the more optimal their efficiency level. This finding indicates that the equity cost in the toll road industry is higher than the debt cost, so the high debt ratio can increase the industry’s efficiency. On the contrary, the more advanced the technology being used by the companies, the lower the efficiency of the toll road business unit. This is caused by the fact that the application of advanced technology requires high cost from its procurement to its maintenance. However, this efficiency drop might be temporary. The results of this efficiency measurement are expected to become an innovation in the efficiency measurement for Toll Road Business Unit in Indonesia.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 0423020048 |
Uncontrolled Keywords: | Efisiensi, Biaya Operasional, Biaya Pemeliharaan, Jalan Tol, Struktur Modal, Teknologi |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 02:44 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 02:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205251 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Indah Mulyawati.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |