Analisis Hubungan Literasi Digital Dan Literasi Ekonomi Dengan Keberlangsungan Usaha Mikro Dan Kecil Di Kota Malang Selama Masa Pandemi Covid-19

Reynara, Ignatius and Farah Wulandari Pangestuty, S.E., M.E., Ph.D. (2022) Analisis Hubungan Literasi Digital Dan Literasi Ekonomi Dengan Keberlangsungan Usaha Mikro Dan Kecil Di Kota Malang Selama Masa Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara literasi digital dan literasi ekonomi dengan keberlangsungan Usaha Mikro dan Kecil di Kota Malang selama masa Pandemi Covid-19. Dalam tulisan ini peneliti menggunakan sumber data primer yang diperoleh dari hasil kuesioner. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan analisis korelasi Rank Spearman untuk metode pengolahan datanya. Metode Deskriptif Statistik juga digunakan untuk menjelaskan kondisi data yang ada. Dan disimpulkan bahwa variabel literasi digital memiliki hubungan yang kuat dengan keberlangsungan Usaha Mikro dan Kecil di Kota Malang selama masa Pandemi Covid-19. Dan variabel literasi ekonomi memiliki hubungan yang kuat dengan keberlangsungan Usaha Mikro dan Kecil di Kota Malang selama masa Pandemi Covid-19. Karena hasil tersebut, implikasi penelitian ini adalah ditemukannya modal baru yang berupa modal pengetahuan bagi pelaku Usaha Mikro dan Kecil yang ingin menjaga keberlangsungan usahanya selama masa Pandemi Covid-19. Pelaku usaha perlu meningkatkan literasi digital dan literasi ekonomi mereka baik dalam promosi maupun operasional usaha dalam rangka menjaga atau mengembangkan usahanya.

English Abstract

The objective of this research is to identify the relationship between digital and economic literacy and the sustainability of micro and small businesses in Malang City during the Covid-19 pandemic. This quantitative research uses primary data obtained from questionnaires and Spearman’s rank correlation for the data processing. Statistical descriptive method was also used to explain the data’s condition. This study finds that both digital and economic literacies have strong relationships with the sustainability of micro and small businesses in Malang City during the pandemic. Based on the findings, this research discovers a new capital, that is the knowledge capital, for micro and small entrepreneurs who are willing to maintain the sustainability of their business during the pandemic. They need to improve their digital and economic literacy in the operation and promotion of their business in order to maintain and develop their business.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020290
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Literasi Ekonomi, Keberlangsungan Usaha, Usaha Mikro dan Kecil, Pandemi COVID-19.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 15 Dec 2023 02:34
Last Modified: 15 Dec 2023 02:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205220
[thumbnail of DALAM MASA  EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
IGNATIUS REYNARA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item