Pengaruh Destination Image, Travel Motivation, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan (Studi Kasus Pada Wisatawan Nusantara Muslim Di Desa Wisata Halal Setanggor Lombok Tengah)

Zamzuri, Hadi and Atu Bagus Wiguna, SE., ME. (2021) Pengaruh Destination Image, Travel Motivation, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan (Studi Kasus Pada Wisatawan Nusantara Muslim Di Desa Wisata Halal Setanggor Lombok Tengah). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh destination image, travel motivation, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan wisatawan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh wisatawan dengan usia 17 tahun ke atas sedang berkunjung ke Desa Wisata Halal Setanggor Lombok Tengah. Sebanyak 70 data berhasil dikumpulkan menggunakan teknik pendekatan accidental sampling, dimana pendekatan tersebut memilih siapa saja anggota populasi yang secara tidak sengaja bertemu dan cocok sebagai responden. Data yang digunakan merupakan data primer berupa kuesioner yang dibagikan kepada responden yang berkunjung ke Desa Setanggor. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data Partial Least Square (PLS). Hasil pengujian menunjukkan bahwa Destination image berpengaruh positif terhadap kepuasan, travel motivation tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan, dan Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan.

English Abstract

This study aims to examine the effect of destination image, travel motivation, and service quality on tourist satisfaction. The population involves all tourists of at least 17 years of age, visiting Halal Tourism Village of Setanggor, Central Lombok. The samples of 70 data are collected through accidental sampling where samples are taken as respondents close at hand. The primary data utilized in this study include questionnaires distributed to the tourists of Setanggor Village, and analyzed by Partial Least Square (PLS). The results indicate that destination image positively affect tourist satisfaction, travel motivation does not significantly affect tourist satisfaction, and service quality significantly affect tourist satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020269
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, destination image, travel motivation, kepuasan pengunjung, Partial Least Square (PLS)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 11 Dec 2023 02:37
Last Modified: 11 Dec 2023 02:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205125
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hadi Zamzuri.pdf
Restricted to Registered users only until December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item