Pengaruh Framing dan Frekuensi Penyajian Informasi Lingkungan terhadap Persepsi Legitimasi Stakeholder Mengenai Keberadaan Perusahaan

Biyanto, Frasto and Prof. Dr. Bambang Subroto, Ak and Assoc. Prof. Dr. Erwin Saraswati,, Ak., CA., CPMA., CSRA and Abdul Ghofar, D.B.A., Ak., D.B.A., Ak. (2023) Pengaruh Framing dan Frekuensi Penyajian Informasi Lingkungan terhadap Persepsi Legitimasi Stakeholder Mengenai Keberadaan Perusahaan. Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Legitimasi merupakan modal penting dalam bisnis karena memungkinkan perusahaan mengakses sumber daya dan pasar, dua hal penting untuk keberlangsungan bisnis. Sebuah perusahaan mungkin mengalami krisis legitimasi, baik disengaja maupun tidak, karena adanya kesenjangan antara tindakan organisasi dan ekspektasi pemangku kepentingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak framing informasi dan frekuensi penyajian informasi lingkungan terhadap persepsi legitimasi pemangku kepentingan di perusahaan. Penggabungan frekuensi sebagai salah satu variabel, penggunaan metode eksperimen serial, dan pengembangan instrumen baru dalam bidang penelitian framing merupakan hal baru dalam penelitian ini. Eksperimen ini melibatkan dua kelompok subjek perlakuan dan satu kelompok kontrol dengan enam rangkaian percobaan, menemukan bahwa framing positif dan framing negatif dalam penyajian informasi lingkungan memiliki dampak yang berbeda terhadap persepsi legitimasi subjek. Informasi lingkungan yang dibingkai secara positif menciptakan efek legitimasi yang lebih baik dibandingkan informasi yang dibingkai secara negatif. Lebih lanjut, efek framing akan lebih terlihat jika informasi disajikan dalam frekuensi yang lebih sering. Frekuensi penyajian informasi mempengaruhi persepsi legitimasi para pemangku kepentingan, dan efeknya akan lebih besar jika informasi di-framing secara positif. Berdasarkan hasil penelitian ini, perusahaan yang ingin meningkatkan persepsi legitimasi pemangku kepentingannya disarankan untuk memilih strategi pelaporan yang paling sesuai dengan kondisi mereka saat ini.

English Abstract

Legitimacy is an important capital in business as it enables companies access resources and markets, two of essentials for business survivability. A company may experience a crisis of legitimacy due to, either intentional or unintentional, gaps between the organization’s actions and its stakeholders’ expectation. This study aims to determine the impact of information framing and environmental information presentation frequency on stakeholder’s perceived legitimacy in companies. The incorporation of frequency as one of the variables, the use of serial experimental method, and the development of new instruments in the area of framing research are the novelty of this study. This experiment involves two groups of treatment subjects and one control group with six experimental series, finding that positive framing and negative framing in environmental information presentation have a different impact on the subject's perceived legitimacy. Positively framed environmental information creates a better effect the perceived legitimacy than the negatively framed one. Furthermore, the effect of the framing will be more visible if the information is presented more frequently. The frequency of the information presentation affects the perceived legitimacy of the stakeholders, and the effect will be greater if the information is positively framed. Based on the results of this study, companies that wish to improve the perceived legitimacy of their stakeholders are suggested to choose reporting strategies that best suits their current conditions.

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: 0623020012
Uncontrolled Keywords: framing, frekuensi presentasi, persepsi legitimasi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 08 Dec 2023 02:18
Last Modified: 08 Dec 2023 02:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205108
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Frasto Biyanto.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item