Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas, Dan Risiko Penggunaan Digital Fundraising Terhadap Minat Pembayaran Dana Zakat, Infaq, Dan Shodaqoh (Zis) Pada Lembaga Zakat

Akbar, Fauzi Ilham and Prof. Dr. Drs. M. Umar Burhan, MS (2023) Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas, Dan Risiko Penggunaan Digital Fundraising Terhadap Minat Pembayaran Dana Zakat, Infaq, Dan Shodaqoh (Zis) Pada Lembaga Zakat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keadaan ekonomi masyarakat Indonesia pada saat ini dapat dikatakan masih belum merata. Dengan penduduk mayoritas beragama Islam, maka tuntunan dan kiat Islam dalam mengatasi problematika kemiskinan umat menjadi penting untuk direalisasikan. ZIS merupakan singkatan dari Zakat, Infaq dan juga Shodaqoh, yang merujuk kegiatan yang dilakukan umat muslim untuk berbagi pada yang membutuhkan. Di era digital ini, masyarakat cenderung mengubah perilaku menjadi gaya hidup digital pada setiap aktivitas dan transaksi yang dilakukan. Tanpa terkecuali juga merambah masyarakat dalam hal peningkatan penghimpunan dana ZIS. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pengaruh dari persepsi kemudahan penggunaan, efektivitas, dan risiko penggunaan digital fundraising terhadap minat pembayaran dana ZIS. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Kota Malang yang menggunakan digital fundraising untuk membayar ZIS. Sampel yang diambil sebanyak 123 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada responden. Data dianalisis menggunakan analisis Structural Equation Modeling dengan alat SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Persepsi Kemudahan Penggunaan berpengaruh signifikan terhadap minat pembayaran ZIS menggunakan digital fundraising (secara online), variabel Efektivitas berpengaruh signifikan terhadap minat pembayaran ZIS menggunakan digital fundraising (secara online), dan variabel Risiko tidak berpengaruh signifikan terhadap minat pembayaran ZIS menggunakan digital fundraising (secara online).

English Abstract

The current economic condition of Indonesian society can be considered uneven. With the majority of the population being Muslims, the guidance and Islamic principles in addressing the problems of poverty within the community become important to implement. ZIS stands for Zakat, Infaq, and Shodaqoh, which refer to activities carried out by Muslims to share with those in need. In this digital era, people tend to transform their behaviors into digital lifestyles in every activity and transaction they engage in. This also extends to the community in terms of increasing the collection of ZIS funds. This study aims to determine the effects of the perceived ease of use, perceived effectiveness, and the perceived risk of digital fundraising usage on the intention to pay ZIS funds. The population of this research consists of the residents of Malang City who use digital fundraising to pay ZIS. A sample of 123 respondents was selected using purposive sampling technique. Data collection was conducted by distributing questionnaires to the respondents. The data were analyzed using Structural Equation Modeling with SmartPLS software. The results of the study indicate that the perceived ease of use significantly effect on the intention to pay ZIS using digital fundraising (online), the effectiveness variable significantly effect on the intention to pay ZIS using digital fundraising (online), and the risk variable does not significantly effect on the intention to pay ZIS using digital fundraising (online).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020239
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas, Risiko, Minat Pembayaran ZIS, Penggunaan Digital Fundraising
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 07 Dec 2023 02:43
Last Modified: 07 Dec 2023 02:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205039
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fauzi Ilham Akbar.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item