Pengaruh Literasi Keuangan dan Literasi Digital Terhadap Preferensi Menggunakan QRIS BSI Mobile (Studi Kasus Gen Z di Kota Malang)

Nurdien,, Faiz Ghifary and Ajeng Kartika Galuh, , S.E., M.E. (2023) Pengaruh Literasi Keuangan dan Literasi Digital Terhadap Preferensi Menggunakan QRIS BSI Mobile (Studi Kasus Gen Z di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Transformasi digital pada industri keuangan nienciptakan movasi baru yaitu fintech, mobile banking menjadi Ssalah satu produk |fintech -berbasis-mobile| payment. BSI sebagai bank bDaru jnelakukan, digitalisasi-dengan menciptakan-BSI Vobile yang menyediakan QRIS sebagai wetode pembayaran. yang secara, penggunaannya mengalani penimgkatan yang positif. Sebagai produk teknologi inovasi keuangan berbasis digital, diperlukan literasi keuangan dan literasi digital dalam bekal penggunaanitya, pun secara literast inasyarakat Indonesia baik Kewangan'dan digital mengalmmni peningkatan positif. Selingga penelitian mi' dilakukan bertujuan guna meneliti pengaruh liternsi_kewangan | day literasi digital “terhadap: preferensi menggunakan, QRIS BSI Mobile pada kalangan Gen Zi di Kota Malang. Jenis penelition. kuantitatif pendekatan deskriptif, Dengan: teknik puiposive sampling menggunakan rumus Lenteshow, diperolen 100 responden. Data dianalisa menggunakan regresi ordmal. Hasil penelitinn mentutjukkan hasi“bahwa literast-kenmngmy dan literast digital menuliki pengaruh terluadap) preferenst mienggunakan QRIS BSI Mobile. Simpulan hasil penelitian inenunjukkan bahwa preferensi menggunakan QRIS BSI Mobile padakalangan Gen Z di Kota Malang dipengarulu-oleh. literasi keuangan dan literasi digital yang dimiliki oleh penggunanya.,

English Abstract

Dagital transformation ' ‘the fmancial ndustriy creates new innovations, namely fintech, mobile banking is one of the mobile payinent-based fintech products. BSIas a new bank digitizes by creating BSI Mobile winch provides QRIS as a payment method whose use has increased positwely. As adigital-based financial innovation teclmology product, financial literacy and digital literacy are needed in the provision of its use, even in the literacy of the Tndonesian people botlt finmicial and digital Tias increased positively. So this researcliwns conducted to‘examine the effect of financial literacy and digital literacy on preferences for 1sing QRIS BSI Mobile aiong Gen Z in Malang. City: Quantitative-researcli-type descriptive approach. JVith purposive, sampling technique using, the Lemeshow formula, 100 respondents, were obtained. Data was analyzed using ordinal 1egression, The results showed that finmicial literacy and digital literacy have an influence on preferences for using QRIS BSI Mobile. The conclusion of the researdh resilts slhows that the preference touse QRIS BSI Mobile mnong Gen Z i Malang Cityisanfluenced by financial literacy and digital literacy possessed Dy its users

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020224
Uncontrolled Keywords: Fintech, QRIS, Literasi Keuangan, Literasi Digital, Preferensi
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 06 Dec 2023 02:54
Last Modified: 06 Dec 2023 02:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204987
[thumbnail of DALAM MASA EMBAGO] Text (DALAM MASA EMBAGO)
Faiz Ghifary Nurdien.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item