Identifikasi Faktor Pendorong dan Penghambat dalam Mencapai Keberhasilan Pembangunan yang Berkelanjutan pada Wilayah Pedesaan Jawa Barat, Indonesia.

Ramadhani, Fahmi Nabil and Putu Mahardika Adi Saputra,, S.E., M.Si., M.A., Ph.D (2023) Identifikasi Faktor Pendorong dan Penghambat dalam Mencapai Keberhasilan Pembangunan yang Berkelanjutan pada Wilayah Pedesaan Jawa Barat, Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan pembangunan desa, dengan berfokus pada variabelvariabel yang tertuang dalam setiap dimensi Indeks Desa Membangun (IDM), yaitu dimensi ketahanan sosial, ketahanan ekonomi, ketahanan lingkungan, dan kemandirian fiskal desa. Penelitian ini berfokus pada kondisi 5.312 desa di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Data pada penelitian ini didapati dari data mikro Potensi Desa (Podes) 2019. Untuk mengetahui karakteristik setiap variabel pada suatu desa dan faktor apa saja yang dapat mempengaruhi keberhasilan pembangunan desa, dalam penelitian ini dilakukan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil menunjukan bahwa terdapat faktor pendorong dan penghambat pembangunan desa. Ditemukan faktor-faktor pendorong pembangunan adalah keberadaan sekolah, fasilitas kesehatan, organisasi ekonomi desa, dan lembaga keuangan. Sedangkan faktor penghambat pembangunan adalah konflik sosial.

English Abstract

This study aims to identify the factors that can influence the success of village development, by focusing on the variables contained in each dimension of the Village Development Index (IDM), namely the dimensions of social resilience, economic resilience, environmental resilience, and village fiscal independence. This study focuses on the conditions of 5,312 villages in West Java Province, Indonesia. The data in this study is obtained from the 2019 Village Potential (Podes) micro data. To determine the characteristics of each variable in a village and what factors can influence the success of village development, this study conducted descriptive statistical analysis and multiple linear regression analysis. The results show that there are driving and inhibiting factors for village development. It was found that the driving factors of development were the existence of schools, health facilities, village economic organizations, and financial institutions. Meanwhile, the factor inhibiting development is social conflic

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020219
Uncontrolled Keywords: Pembangunan Desa, Indeks Desa Membangun, Potensi Desa
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 06 Dec 2023 02:51
Last Modified: 06 Dec 2023 02:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204980
[thumbnail of DALAM MASA EMBAGO] Text (DALAM MASA EMBAGO)
Fahmi Nabil Ramadhani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item