Pengaruh Frekuensi Pencarian Daring Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Dengan Sektor Bisnis Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Pada Indeks Idx80)

Widiyanata, Dwi Cahya and Prof. Dr. Sutrisno T, Ak. and Yeney Widya Prihatiningtias, DBA., Ak., CA (2023) Pengaruh Frekuensi Pencarian Daring Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Dengan Sektor Bisnis Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Pada Indeks Idx80). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh frekuensi pencarian daring terhadap kinerja keuangan perusahaan dengan sektor bisnis sebagai variabel moderasi. Penelitian ini juga menggunakan tingkat pengguna internet dan tingkat inflasi sebagai variabel kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah 400 laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di IDX80 periode 2018 – 2022. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan menghasilkan sampel dengan jumlah 215 laporan keuangan dari 43 perusahaan yang terbagi ke dalam 8 sektor bisnis. Data dianalisis dengan menggunakan Multivariate Analysis of Variance (Manova) di aplikasi IBM-SPSS-24. Frekuensi pencarian daring diukur dengan menggunakan google trends. Kinerja keuangan diukur dengan menggunakan Proportional Assets Ratio (PAR) dan Anchored Ratio (AR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuensi pencarian daring tidak berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan. Sektor bisnis juga tidak secara siginifikan memoderasi pengaruh positif frekuensi pencarian daring terhadap kinerja keuanga

English Abstract

The objective of this research is to examine the effect of online searching frequency on company’s financial performance with business sector as the moderating variable. Here internet user level and inflation rate were used as the control variables. The population of this research is 400 financial reports of companies listed in the IDX80 during the 2018-2022 period, and, using purposive sampling technique, 215 reports from 43 companies were selected as the sample. The data was then analyzed using Multivariate Analysis of Variance (Manova) in IBM SPSS 24. The online searching frequency was calculated using Proportional Asset Ratio (PAR) and Anchored Ratio (AR). This study finds that online searching frequency not positively influence the financial performance. Furthermore, business sector not significantly moderates the positive influence of online searching frequency on financial performance.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0423020027
Uncontrolled Keywords: Frekuensi Pencarian Daring, Kinerja Keuangan, Google Trends, Proportional Asset Ratio, Anchored Ratio
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 01 Dec 2023 03:47
Last Modified: 01 Dec 2023 03:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204898
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dwi Cahya Widiyanata.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item