Determinan Keputusan Millenial Dan Gen Z Di Indonesia Terhadap Minat Dalam Menggunakan E-Wallet (Studi Kasus Di Kota Mojokerto)

Hasanah, Dinda Uswatun and David Kaluge, SE., MS., MEcDev., Ph.D (2023) Determinan Keputusan Millenial Dan Gen Z Di Indonesia Terhadap Minat Dalam Menggunakan E-Wallet (Studi Kasus Di Kota Mojokerto). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan, persepsi kegunaan dan promosi iklan terhadap minat dalam menggunakan e-wallet (Studi kasus di Kota Mojokerto). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari kuisioner yang diukur menggunakan skala likert. Penelitian ini dilakukan di kota Mojokerto. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi millennial dan Gen z yang menggunakan layanan e-wallet di Kota Mojokerto. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling, sehingga diperoleh 136 responden. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner yang dibagikan secara online melalui Google form yang kemudian diolah dengan metode SEM-PLS menggunakan Software SmartPls. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan, persepsi kegunaan dan promosi iklan berpengaruh positif signifikan terhadap minat dalam menggunakan e-wallet.

English Abstract

This study aims to determine the effect of perceived convenience, perceived usefulness, promotion and advertising on interest in using e-wallets (a case study in Mojokerto City). The research method used in this study is a quantitative research method with primary data obtained from questionnaires that are measured using a Likert scale. This research was conducted in the city of Mojokerto. The population in this study is the millennial and Gen z generations who use e-wallet services in Mojokerto City. The sampling method in this study was purposive sampling method. So obtained 136 respondents. The research data was collected using a questionnaire that was distributed online via the Google form which was then processed using the SEM-PLS method using the SmartPLS software. The results of the study show that perceived convenience, perceived usefulness and advertising promotions have a significant positive effect on interest in using e-wallets.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020183
Uncontrolled Keywords: Persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, promosi iklan, minat penggunaan, Technolgy Acceptance Model (TAM)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 01 Dec 2023 02:30
Last Modified: 01 Dec 2023 02:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204866
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dinda U.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item