Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Generasi Y Dan Z Berwakaf Uang Melalui Digital Banking Syariah

Syifa, Dina Nur and Laila Masruro Pimada, S.E., M.S.E.I (2023) Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Generasi Y Dan Z Berwakaf Uang Melalui Digital Banking Syariah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia memiliki potensi wakaf uang yang besar yakni 188 triliun setiap tahunnya, akan tetapi akumulasi yang berhasil terhimpun baru menyentuh angka 831 miliar jika dipersentasekan hanya sebesar 0.5 persen dari keseluruhan potensinya. Kehadiran digitalisasi diharapkan mampu meningkatkan minat generasi Y dan Z yang mendominasi demografi masyarakat Indonesia dan paling dekat dengan penggunaan teknologi digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi generasi Y dan Z dalam berwakaf uang melalui digital banking bank syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat analisis SEM-PLS. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukan kepercayaan dan social influence merupakan faktor yang berpengaruh signifikan terhadap minat sedangkan pengetahuan dan persepsi kemudahan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat generasi Y dan Z dalam berwakaf uang melalui digital banking bank syariah. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi pemangku kebijakan dalam memformulasikan strategi penghimpunan wakaf uang di era digitalisasi serta dapat menjadi rujukan untuk penelitian yang akan datang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020182
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 01 Dec 2023 02:30
Last Modified: 01 Dec 2023 02:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204864
[thumbnail of DALAM MASA EMBAGO] Text (DALAM MASA EMBAGO)
Dina Nur Syifa.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item