Pengaruh Komunitas Virtual Terhadap Minat Pembelian Ulang Secara Online Melalui Keterikatan Konsumen dengan Penghargaan sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Pemain Genshin Impact Indonesia)

Zein,, Dhani Mifthakhul and Prof. Dr. Astrid Puspaningrum,, SE., MM., CMA., and Ainur Rofiq,, SE., S.Kom., MM., Ph.D.,CFP (2023) Pengaruh Komunitas Virtual Terhadap Minat Pembelian Ulang Secara Online Melalui Keterikatan Konsumen dengan Penghargaan sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Pemain Genshin Impact Indonesia). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada saat ini industri game mengalami perkembangan yang sangat pesat yang dapat dilihat dari peningkatan penjualan produk virtual di pasaran. Genshin Impact menjadi salah satu game yang ramai dibicarakan di berbagai komunitas game, selain itu Genshin Impact juga menduduki posisi ketiga dalam daftar pendapatan game mobile dunia pada tahun 2021. Faktor utama yang menyebabkan kesuksesan sebuah game adalah adanya komunitas yang mendukung perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh komunitas virtual terhadap minat pembelian ulang secara online dengan keterikatan konsumen sebagai variabel mediasi dan penghargaan sebagai variabel moderasi. Responden dalam penelitian ini adalah anggota komunitas Genshin Impact Indonesia yang telah melakukan pembelian produk virtual lebih dari satu kali. Penelitian ini memperoleh 180 sampel yang disebarkan melalui berbagai media sosial seperti Facebook dan media sosial lainnya. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan SEM-PLS melalui program SmartPLS 3. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semua hipotesis diterima kecuali peran keterikatan konsumen dalam memediasi pengaruh komunitas virtual terhadap minat beli ulang secara online. Komunitas berperan dalam menyediakan sarana interaksi antar anggota dan memberikan informasi mengenai game. Reward yang didapatkan dalam bermain game mendorong minat untuk bermain dan membeli produk virtual dalam game.

English Abstract

At this time the game industry is experiencing a very rapid development which can be seen from the increase in sales of virtual products on the market. Genshin Impact is one of the games that has been discussed in various gaming communities, besides that Genshin Impact also occupies the third position in the list of world mobile game revenues in 2021. The main factor that causes the success of a game is the community that supports its development. This study aims to examine the effect of virtual communities on online repurchase intention with customer engagement as a mediating variable and achievement as a moderating variable. Respondents in this study were members of the Genshin Impact Indonesia community who had purchased virtual products more than once. This study obtained 180 samples distributed through various social media such as Facebook and other social media. The results of this study indicate that all hypotheses are accepted except for the role of customer engagement in mediating the effect of virtual communities on online repurchase intention. The community plays a role in providing a means of interaction between members and providing information about games. The achievement obtained in playing the game encourage interest in playing and buying virtual products in the game.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0423020023
Uncontrolled Keywords: Komunitas Virtual, Keterikatan Konsumen, Minat Pembelian Ulang Secara Online, Penghargaan, Game Mobile
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 30 Nov 2023 05:10
Last Modified: 30 Nov 2023 05:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204856
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dhani Mifthakhul Zein.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item