Analisis Faktor Determinan Keputusan Konsumen Dalam Membeli Makanan Halal Di Kota Makassar

Khairunnisa, Aulia Fatimah and Aminnullah Achmad Muttaqin, M.Sc., Fin. (2023) Analisis Faktor Determinan Keputusan Konsumen Dalam Membeli Makanan Halal Di Kota Makassar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permintaan makanan halal meningkat di kalangan konsumen Muslim di seluruh dunia, termasuk di Kota Makassar. Kesadaran dan sertifikasi halal mempengaruhi keputusan pembelian. Label halal menjadi jaminan keamanan bagi konsumen Muslim dan non-Muslim. Persepsi harga memengaruhi keputusan pembelian karena harga yang terjangkau diinginkan. Pendapatan juga berpengaruh pada pola pembelian dan preferensi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran halal, sertifikasi halal, persepsi harga dan pendapatan terhadap keputusan pembelian makanan halal di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pengambilan data melalui penyebaran kuesioner ke 153 responden yang merupakan konsumen makanan halal Kota Makassar yang berusia lebih dari 18 tahun. Data yang dikumpulkan akan dianalisis menggunakan analisis Regresi Logistik Ordinal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran halal, sertifikasi halal, dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen Kota Makassar untuk membeli makanan halal. Sedangkan pendapatan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan halal.

English Abstract

The demand for halal food is increasing among Muslim consumers worldwide, including in Makassar. Halal awareness and certification influence purchasing decisions, as the halal label provides safety assurance for Muslim and non-Muslim consumers. Price perception also affects buying decisions, as affordable prices are desired. Income also plays a role in consumer buying patterns and preferences. This research aims to analyze the impact of halal awareness, halal certification, price perception, and income on purchasing halal food in Makassar. The study employs a quantitative approach, gathering data through questionnaires distributed to 153 respondents who are halal food consumers in Makassar and aged above 18 years. The collected data will be analyzed using Ordinal Logistic Regression analysis. The research findings reveal that halal awareness, halal certification, and price perception positively and significantly impact the purchasing decisions of Makassar consumers when buying halal food. On the other hand, income does not significantly influence the decision to purchase halal food.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020138
Uncontrolled Keywords: Kesadaran halal; Sertifikasi halal; Persepsi harga; Pendapatan; Perilaku konsumen Islami
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:26
Last Modified: 16 Nov 2023 02:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204633
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aulia Fatimah Khairunnisa.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item