Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi

Riyandini, Anindya Dwi and Dr. Sari Atmini, SE., M.Si., Ak. (2023) Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memberikan bukti empiris pengaruh tanggung jawab sosial dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi. Peneliti menggunakan teori sinyal sebagai dasar untuk menyusun hipotesis. Populasi pada penelitian ini yaitu perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2017-2021 karena terdapat fenomena bahwa perusahaan makanan dan minuman cenderung melakukan pencemaran lingkungan dan menjadi salah satu subsektor yang mampu bertahan selama pandemi Covid-19. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah metode penyampelan bersasaran (purposive sampling method) dengan jumlah yang memenuhi kriteria adalah 40 perusahaan dan jumlah observasi sebanyak 157 data selama periode lima tahun pengamatan. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Moderated Regression Analysis (MRA). Penelitian ini berhasil menemukan bukti bahwa kuantitas pengungkapan tanggung jawab sosial dapat meningkatkan nilai perusahaan. Berlawanan dengan yang diekspektasikan, kualitas pengungkapan tanggung jawab sosial dan ukuran perusahaan dapat menurunkan nilai perusahaan. Selain itu, profitabilitas mampu memperkuat hubungan antara ukuran perusahaan dengan nilai perusahaan. Namun, profitabilitas tidak mampu memperkuat hubungan antara kualitas dan kuantitas pengungkapan tanggung jawab sosial terhadap nilai perusahaan.

English Abstract

This study aims to analyze and provide empirical evidence of the effect of corporate social responsibility and firm size on firm value with profitability as a moderating variable. Researcher use signaling theory as a basis for developing hypotheses. The population of this study are food and beverage companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) during the 2017-2021 period because there was a phenomenon that food and beverage companies tended to pollute the environment and became one of the sub-sectors that was able to survive during the Covid-19 pandemic. The sample selection method used is the purposive sampling method with the number of companies that meet the criteria is 40 companies and the number of observations is 157 data during the five-year observation period. The data analysis method used in this research is Moderated Regression Analysis (MRA). The results of this study successfully prove that the quantity of corporate social responsibility positively can increase the value of company. Contrary to what was expected, the quality of disclosure of social responsibility and the size of the company can lower the company’s value. In addition, profitability is able to strengthen the relationship between the size of the company and the company’s value. However, profitability is not able to strengthen the relationship between the quality and quantity of disclosure of social responsibility to the value of the company.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020116
Uncontrolled Keywords: nilai perusahaan, profitabilitas, tanggung jawab sosial perusahaan, ukuran perusahaan, teori sinyal.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 15 Nov 2023 03:38
Last Modified: 15 Nov 2023 03:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204552
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Anindya Dwi Riyandini.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item