Analisis Pengaruh Dana Otonomi Khusus terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus pada Kabupaten/Kota di Provinsi Papua)

Fahrudin, Amanda Anisyah and Dr. Susilo,, SE., MS. (2022) Analisis Pengaruh Dana Otonomi Khusus terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus pada Kabupaten/Kota di Provinsi Papua). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Papua merupakan Provinsi paling timur di Indonesia yang juga dikenal sebagai daerah dengan sumber daya alam sangat besar terutama dalam pertambangan. Selain itu, Provinsi Papua juga menyandang gelar Otonomi Khusus atas sifat khusus Papua yang juga diikuti dengan pemberian dana transfer tambahan dengan nama Dana Otonomi Khusus dalam pelaksanaannya. Sudah 20 tahun Dana ini dikucurkan, namun keadaan kesejahteraan masyarakat Papua masih menjadi yang terendah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari Dana Otonomi Khusus terhadap pertumbuhan ekonomi dan IPM sebagai proksi kesejahteraan masyarakat pada Kabupaten/Kota di Provinsi Papua. Penelitian ini menggunakan analisis jalur dan maximum likelihood estimation (MLE) dengan menggunakan data sekunder dari DJPK Indonesia dan BPS Indonesia pada rentang tahun 2011-2020. Hasil dari penelitian ini adalah DAK, DBH, PAD dan Pertumbuhan Ekonomi secara langsung memengaruhi IPM. Sedangkan, secara tidak langsung, variabel yang berpengaruh terhadap IPM adalah DOK dan Penyesuaian, DAU dan PAD.

English Abstract

Papua is the easternmost province in Indonesia which is also known as an area with very large natural resources, especially in mining. In addition, Papua Province also holds the title of Special Autonomy for the special nature of Papua which is also followed by the provision of additional transfer funds under the name of the Special Autonomy Fund in its implementation. It has been 20 years since this fund was disbursed, but the welfare situation of the Papuan people is still the lowest in Indonesia. This study aims to see the influence of the Special Autonomy Fund on economic growth and HDI as a proxy for community welfare in regencies/cities in Papua Province. This study used path analysis and maximum likelihood estimation (MLE) using secondary data from DGT Indonesia and BPS Indonesia in the 2011-2020 period. The results of this study are DAK, DBH, PAD and Economic Growth directly affect HDI. Meanwhile, indirectly, the variables that affect HDI are DOK and Adjustment, DAU and PAD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020097
Uncontrolled Keywords: Dana Otonomi Khusus, Pertumbuhan Ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia, Analisis Jalur, Kabupaten/Kota Provinsi Papua
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:20
Last Modified: 08 Nov 2023 03:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204459
[thumbnail of DALAM  MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
AMANDA ANISYAH FAHRUDIN.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item