Program Kerelawanan Dan Akuntabilitasnya Dalam Organisast Nirlaba Di Indonesia (Studi Kasus Pada Program Bakti Milenial)

Altaf, Aisyah Kamila and Anita Wijayanti, MSA.,Ak (2023) Program Kerelawanan Dan Akuntabilitasnya Dalam Organisast Nirlaba Di Indonesia (Studi Kasus Pada Program Bakti Milenial). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan mekanisme akuntabilitas sebuah program pengabdian masyarakat, Bakti Milenial, yang melibatkan pemuda sebagai relawan 'dalam ' organisasi nirlaba di Tndonesia.' Pengumpulan data-antara “lain dilakukan' melalui: wawancara “dengan | beragam pemangku’ kepentingan:di sepanjang bulan -April 2023, dokumentasi,- dan- observasi. partisipatif . melalui pendekatan _retrospektif ketika peneliti terlibat di dalam program. Analisis data dilakukan dengan reduksi, pengelompokkan, hingga triangulasi yang ditujukan agar hasil penelitian tidak bias. Temuan penelitian menyatakan bahwa Bakti Milenial menganggap 'akuntabilitas'sebagai proses ‘menjaga kepercayaan dan ‘memenuhi harapan’ semua! 'stakeholder | yang terlibat.OPraktik Akuntabilitas “dalam bentuk formal meliputi dokumen proyek; evaluasi dan ketercapaian kinerja, dan laporan penggunaan dana. Di sisi, lain, praktik, akuntabilitas dalam bentuk informal juga dilakukan dengan penerapan strategi komunikasi yang melibatkan berbagai pihak, dan dokumentasi melalui media sosial, keduanya telah ‘menciptakan tatanan akuntabilitas yang inklusif.'Bentuk akuntabilitas 'terlihat ‘dalam aktivitas seperti pengabdian‘ imasyarakat; “ komunikast -denganpara " pemangku- kepentingan; persiapan program; dan; pelaporan melalui- media.| Program ' ini- menunjukkan akuntabilitas kepada stakeholder.intemal dan eksternal, dengan tujuan memenuhi harapan dan tuntutan mereka serta membangun kepercayaan terhadap organisasi. Dengan menerapkan “akuntabilitas yang ‘memenuhi harapan stakeholder, Bakti Milenial dapat memperkuat - fondasi “kepercayaan dan menjaga” keberlanjutan organisasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020093
Uncontrolled Keywords: relawan, akuntabilitas, organisasi nirlaba, stakeholder, pengabdian masyarakat
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:56
Last Modified: 07 Nov 2023 07:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204422
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aisyah Kamila Altaf.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item