Pengaruh Literasi Investasi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa

Yuwan, Alma Sofi and Dr. Nurul Badriyah, SE., ME. (2023) Pengaruh Literasi Investasi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peningkatan jumlah investor tiga tahun terakhir terjadi sangat signifikan, selama tahun 2022 jumlah investor pasar modal di Indonesia mencapai 9,7 juta investor. Peningkatan jumlah investor tersebut juga didukung oleh adanya perkembangan teknologi informasi yang memudahkan investor untuk melakukan investasi, khususnya dengan memanfaatkan media sosial. Peningkatan jumlah investor yang terjadi tidak sejalan dengan rendahnya tingkat literasi pasar modal masyarakat. Tujuan penelitian yakni mengetahui pengaruh dari pengetahuan investasi terhadap minat mahasiswa dalam berinvesatsi melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan jenis data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan metode penelitian SEM dengan alat analisis SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan pengetahuan investasi yang diukur dengan beberapa indikator berpengaruh positif terhadap minat investasi mahasiswa melalui media sosial pada masing-masing indikator. Dalam hal ini, semakin baik tingkat pemahaman mahasiswa mengenai investasi, maka semakin berminat untuk berinvestasi di pasar modal. Media sosial berperan sebagai sarana informasi yang membantu investor memperoleh informasi mengenai investasi.

English Abstract

The increase in the number of investors over the past three years has been significant. Throughout the year 2022, the number of capital market investors in Indonesia reached 9.7 million. This increase in the number of investors is also supported by the development of information technology, which facilitates investors in making investments, especially through social media. However, this increase in the number of investors is not aligned with the low-level capital of capital market literacy among the general public. This study aims to determine the influence of investment knowledge on the investment interest of students through social media. The data used in this research is primary data obtained through a questionnaire. This study is quantitative in nature and uses the SEM research method with SmartPLS 4 as the analysis tools. In this case the better the level of students’ understanding of investments, the more interestes they are in investing in the capital market. Social media serves as an information channel that helps investors obtain information about investments

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020089
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:06
Last Modified: 07 Nov 2023 07:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204411
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Alma Sofi Yuwan.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item