Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Opportunity Cost, Nilai Guna, Dan Live Komersial Tiktok Shop Terhadap Pembelian Impulsif Mahasiswa

Salsabila, Aini and Dr. Erwin Saraswati, , Ak., CPMA., CSRS. (2023) Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Opportunity Cost, Nilai Guna, Dan Live Komersial Tiktok Shop Terhadap Pembelian Impulsif Mahasiswa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari literasi keuangan, opportunity cost, nilai guna, dan live komersial pada Tiktok Shop terhadap pembelian impulsif. Penelitian ini menggunakana data primer yang didapatkan dengan menggunakan kuesioner. Objek penelitian ini adalah mahasiswa tingkat S1. Sebanyak 362 data berhasil dikumpulkan menggunakan metode survei atau kuesioner dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan aplikasi SPSS. Metode analisis data pada penelitian ini yakni dengan melakukan analisis statistik deskriptif, analisis regresi linear berganda (multiple regression), pengujian hipotesis dengan menggunakan uji koefisien determinasi (R2), uji T, uji F. Analisis instrumen di dalam penelitian telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa literasi keuangan, opportunity cost, dan live komersil memiliki pengaruh terhadap pembelian impulsif, sedangkan variabel nilai guna tidak memiliki pengaruh terhadap pembelian impulsif.

English Abstract

This study aims to examine the effect of financial literacy, opportunity cost, use value, and Tiktok Shop live commercial on the impulse purchase of undergraduate students. The samples selected through purposive sampling result in 362 primary data obtained from questionnaires, which are analyzed by descriptive statistic, multiple linear regression, hypothesis testing using the coefficient of determination test (R2), T test, F test, and processed by SPSS software. The analysis instruments in the study have been through validity and reliability tests. The results of this study exhibit that financial literacy, opportunity cost, and live commercial affect impulse purchase while use value has no effect on impulse purchase.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020079
Uncontrolled Keywords: Literasi keuangan, opportunity cost, nilai guna, live komersial TikTok Shop, pembelian impulsif
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 06 Nov 2023 03:36
Last Modified: 06 Nov 2023 03:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204341
[thumbnail of DALAM MASA EMBAGO] Text (DALAM MASA EMBAGO)
Aini Salsabila.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item