Analisis Pengaruh Loan Loss Provision Dan Current Account Saving Account Terhadap Harga Saham Yang Dimoderasi Oleh Risiko Kredit (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2020 – 2021)

Shaliha, Adinda Fakhra and Dr. Dra. Arum Prastiwi, M.Si., Ak., CA (2022) Analisis Pengaruh Loan Loss Provision Dan Current Account Saving Account Terhadap Harga Saham Yang Dimoderasi Oleh Risiko Kredit (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2020 – 2021). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Loan Loss Provision (LLP) dan Current Account Saving Account (CASA) serta moderasi dari risiko kredit terhadap harga saham perbankan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan data sekunder. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan metode purposive sampling, dan kemudian dihasilkan 44 perbankan sebagai sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA) dengan menggunakan program SPSS 26 sebagai alat bantu analisis data. Hasil penelitian membuktikan terdapat hubungan yang searah antara CASA dengan harga saham, kenaikan pada CASA akan menyebabkan kenaikan pada harga saham, dan begitupula sebaliknya. Namun kenaikan atau penurunan pada LLP tidak berpengaruh terhadap harga saham. Risiko kredit terbukti dapat memperlemah hubungan antara CASA dengan harga saham, namun tidak berhasil memperlemah atau memperkuat hubungan antara LLP dengan harga saham. Berdasarkan penjelasan tersebut, pengupayaan untuk meningkatkan CASA sangat disarankan demi mecapai efisiensi operasional yang baik dengan tetap menjaga tingkat risiko kredit sehingga dapat berujung pada peningkatan harga saham.

English Abstract

This study aims to determine the effect of Loan Loss Provision (LLP) and Current Account Saving Account (CASA) on banking stock prices with credit risk as the moderator. This study employs quantitative approach involving secondary data from the samples of 44 banks selected through non-probability with purposive sampling method. The data are analyzed by Moderated Regression Analysis (MRA) utilizing the SPSS 26 software, and the results proved that there was a unidirectional relationship between CASA and stock prices. As such, an increase in CASA will cause an increase in prices, and vice versa. However, the increase or decrease in LLP had no effect on stock prices. Credit risk has been proven to weaken the relationship between CASA and stock prices, but did not either weaken or strengthen the relationship between LLP and stock prices. Based on the results, increasing CASA is highly recommended to achieve good operational efficiency while maintaining the level of credit risk to anticipate stock price increase.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020061
Uncontrolled Keywords: Current Account Saving Account, Harga Saham, Loan Loss Provision, Perbankan, Risiko Kredit
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 03 Nov 2023 02:54
Last Modified: 03 Nov 2023 02:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204264
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Adinda Fakhra Shaliha.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item