Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Bank Sinarmas Syariah Di Jawa Timur)

Yudantari, Adelia and Dr. Dra. Andarwati, M.E (2023) Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Bank Sinarmas Syariah Di Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kinerja karyawan menjadi salah satu faktor penting dalam usaha perusahaan untuk mencapai tujuannya. Oleh karena itu perusahaan berusaha meningkatkan kinerja karyawan salah satunya melalui pemberian reward dan punishment. Namun terdapat fakta di lapangan yang menunjukkan adanya kinerja karyawan yang belum maksimal meskipun telah diterapkan sistem reward dan punishment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemberian reward (penghargaan) dan punishment (hukuman) terhadap kinerja karyawan Bank Sinarmas Syariah di Jawa Timur. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai variabel-variabel bebas terhadap variabel terikat. Data yang yang digunakan dalam penelitian didapatkan melalui penyebaran kuisoner dengan menggunakan pengukuran yaitu skala likert kepada karyawan Bank Sinarmas Syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Bank Sinarmas Syariah di kota Malang, Surabaya, dan Kediri yang berjumlah 60 responden. Dari populasi tersebut, digunakan teknik sampling jenuh sehingga sampel yang digunakan adalah seluruh karyawan sebanyak 60 orang. Metode analisis yang adalah metode regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS. Hasil yang didapatkan dalam penelitian adalah reward secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dan punishment secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan hasil tersebut, Bank Sinarmas Syariah di Jawa Timur sebaiknya dapat menerapkan reward dan punishment yang adil dan objektif agar dapat mengoptimalkan pengaruhnya terhadap kinerja karyawan.

English Abstract

Employee performance is an important factor as a company's efforts to achieve its goals. Therefore, companies try to improve employee performance, one of which is through the provision of rewards and punishments. However, there are facts in the field indicating that employee performance has not been maximized even though a reward and punishment system has been implemented. This study aims to find out how the effect of reward and punishment on the performance of Bank Sinarmas Syariah employees in East Java. This research uses a quantitative approach which aims to provide an explanation of the independent variables to the dependent variable. The data used in this research were obtained through distributing questionnaires using a Likert scale to employees of Bank Sinarmas Syariah. The population in this study were Bank Sinarmas Syariah employees in the cities of Malang, Surabaya and Kediri, totaling 60 respondents. From this population, a saturated sampling technique was used so that the sample used was all 60 employees. The analytical method is a multiple linear regression method with the help of SPSS software. The results obtained in this study are rewards partially affect employee performance, punishment partially affect employee performance, reward and punishment simultaneously affect employee performance. Based on these results, Bank Sinarmas Syariah in East Java should be able to implement fair and objective rewards and punishments in order to optimize its influence on employee performance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020060
Uncontrolled Keywords: reward, punishment, kinerja karyawan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 02 Nov 2023 07:13
Last Modified: 02 Nov 2023 07:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204261
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ADELIA YUDANTARI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item