Pengaruh Anime Haikyuu!! terhadap Ketertarikan Orang Indonesia pada Ryuujin Nippon.

Hamdani, Virginia Angel and Laily Amalia Savitri,, S.S., M.Si. (2023) Pengaruh Anime Haikyuu!! terhadap Ketertarikan Orang Indonesia pada Ryuujin Nippon. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jepang merupakan salah satu negara yang budaya populernya mendominasi di negara-negara lain. Anime merupakan budaya populer Jepang yang memiliki banyak genre sehingga sangat diminati oleh khalayak luas. Salah satu Anime bergenre olahraga yang populer dan diminati publik adalah anime Haikyuu!!. Viralnya anime Haikyuu!! diikuti dengan kepopuleran Ryuujin Nippon dalam Olimpiade Tokyo 2020, sehingga membuat banyak penggemar membuat postingan mengenai keterkaitan antara karakter anime Haikyuu!! dan Ryuujin Nippon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh anime Haikyuu!! terhadap ketertarikan orang Indonesia pada Ryuujin Nippon, terutama bagi orang-orang yang tergabung dalam komunitas Twitter RYUJIN NIPPON. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data primer yang digunakan merupakan hasil kuesioner yang disebarkan kepada anggota komunitas Twitter RYUJIN NIPPON. Data dikumpulkan dengan cara membagikan kuesioner dan dianalisis dengan studi pustaka yang digunakan sebagai acuan untuk menganalisis adanya pengaruh ketertarikan antara anime Haikyuu!! dan Ryuujin Nippon dari anggota komunitas Twitter RYUJIN NIPPON. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat dua pengaruh anime Haikyuu!! terhadap kegemaran penggemar pada Ryuujin Nippon, yaitu munculnya ketertarikan pada Ryuujin Nippon melalui kemiripan antara karakter anime Haikyuu!! dengan atlet Ryuujin Nippon, serta munculnya ketertarikan pada olahraga voli melalui Ryuujin Nippon. Selain itu, ditemukan juga bahwa Ryuujin Nippon juga dapat memberi pengaruh ketertarikan penggemar pada anime Haikyuu!!, dan ditemukan juga bahwa bagi sebagian penggemar Ryuujin Nippon, anime Haikyuu!! tidak memberikan pengaruh sama sekali terhadap ketertarikan penggemar pada Ryuujin Nippon karena tidak adanya penambahan ketertarikan pada Ryuujin Nippon maupun olahraga bola voli setelah menonton anime Haikyuu!!.

Other obstract

日本の大衆文化は、他の国々で人気がある。アニメは日本の大衆文化で あり、さまざまなジャンルがあるため、多くの人から大きな需要がある。 スポーツジャンルのアニメの中でも人気があり、国民的人気を誇るアニメ のひとつが『ハイキュー!!』である。話題のアニメ『ハイキュー!!』に続 き、2020 年東京オリンピックでは龍神NIPPON も人気である。そのため、 多くのファンがハイキューのアニメキャラクターの関係について投稿して いる。本研究は、龍神NIPPON、特に「RYUUJIN NIPPON」ツイッター コミュニティのメンバーの方に対するインドネシア人の関心に対するアニ メ『ハイキュー!!』の影響を明らかにすることを目的としている。 本研究は、定性的・記述的研究である。使用される主なデータソースは、 ツイッターコミュニティ「RYUUJIN NIPPON」のフォロワーに配布され たアンケートの結果である。アンケート配布によりデータを収集し、文献 調査により分析し、アニメ『ハイキュー!!』及び龍神NIPPON 間の引力の 効果を分析した。そしてツイッターコミュニティ「RYUUJIN NIPPON」 の参考とした。 調査の結果、アニメ『ハイキュー!!』からの影響は2 つあることが判明 した。龍神NIPPON への関心を高めるために、アニメ『ハイキュー!!』の 登場人物の共通点を通じて、龍神NIPPON への関心が高まったことであ る。そして龍神NIPPON を通じたバレーボールへの関心の高まりである。 さらに、龍神NIPPON はアニメ『ハイキュー!!』に対するファンの興味に

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523120306
Uncontrolled Keywords: Haikyuu!!, Ryuujin Nippon, ketertarikan, komunitas, komunitas Twitter RYUJIN NIPPON
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:57
Last Modified: 20 Oct 2023 06:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203982
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Virginia Angel Hamdani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item