Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Equity Terhadap Customer Loyalty (Survei Pada Pelanggan Merek Y.O.U di Outlet Lapak Unique Malang)

Irani, Selva Nuria and Drs. Dahlan Fanani, M.AB (2023) Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Equity Terhadap Customer Loyalty (Survei Pada Pelanggan Merek Y.O.U di Outlet Lapak Unique Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser dan brand equity terhadap customer loyalty. Hasil penelitian tersebut akan memberikan gambaran apakah customer loyalty yang dilakukan oleh pelanggan dipengaruhi oleh celebrity endorser dan brand equity dari suatu produk. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini meliputi Celebrity Endorser, Brand Equity, dan Customer Loyalty. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan dengan usia diatas 17 tahun yang menggunakan produk Y.O.U minimal dua kali selama 2 tahun terakhir dan pernah melihat iklan Y.O.U. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 responden yang diambil dengan menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Analisis Linier Berganda, uji t, dan uji F dengan menggunakan aplikasi Statistical Product and Service Solution (SPSS) version 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara celebrity endorser dan brand equity terhadap customer loyalty secara simultan. Hal ini terbukti dari nilai F hitung sebesar 57,358 > F tabel 3,08 dengan nilai sig. F 0,000 < sig. α 0,05. Secara parsial variabel celebrity endorser memiliki t hitung sebesar 5.220 dengan sig. t 0,000 < sig. α 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa Celebrity Endorser (X1) berpengaruh signifikan terhadap Customer Loyalty (Y), sedangkan variabel brand equity memiliki t hitung sebesar 8.413 dengan sig. t 0,000 < sig. α 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa Brand Equity (X2) berpengaruh signifikan terhadap Customer Loyalty (Y).

English Abstract

The purpose of this study was to know the influence of celebrity endorser and brand equity on customer loyalty. The results of this study will provide an overview of whether customer loyalty carried out by customers is influenced by celebrity endorsers and brand equity of a product. The population in this research were customers over 17 years of age who had used Y.O.U products at least twice in the last 2 years and had seen Y.O.U advertisements. The sample used in this research was 116 respondents taken by using purposive sampling and data collection methods using a questionnaire. Data analysis technique using Multiple Linear Regression method, the F test and t test by SPSS version 26 application. The results of this study indicate that there is a significant influence between celebrity endorsers and brand equity on customer loyalty simultaneously. This is evident from the calculated F value of 57,358 > F table 3,08 with a sig. F 0,000 < sig. α 0,05. Partially the celebrity endorser variable has a t count of 5.220 with sig. t 0,000 < sig. α 0,05 so that it can be said that Celebrity Endorser (X1) has a significant effect on Customer Loyalty (Y), while the brand equity variable has a t count of 8.413 with sig. t 0,000 < sig. α 0,05 so that it can be said that Brand Equity (X2) has a significant effect on Customer Loyalty (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030246
Uncontrolled Keywords: Celebrity Endorser, Brand Equity, Customer Loyalty
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Nov 2023 07:40
Last Modified: 03 Nov 2023 07:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203959
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Selva Nuria Irani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item