Pengaruh Brand experience terhadap Brand Loyalty Di Mediasi Oleh Brand Trust dan Customers Satisfation (survei pada pengguna Indihome di Jakarta)

Sadiq, Mufti Muhamad and Mohammad Iqbal, S.Sos., MIB, DBA (2023) Pengaruh Brand experience terhadap Brand Loyalty Di Mediasi Oleh Brand Trust dan Customers Satisfation (survei pada pengguna Indihome di Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada era digital saat ini penggunaan internet menjadi suatu hal yang krusial, perkembangan industri yang pesat serta potensi pasar yang besar menyebabkan semakin banyak perusahaan baru dalam menyediakan jasa layanan Internet. Indihome merupakan salah satu pionir penyedia layanan internet pada saat ini. Indihome harus bisa menghadapi dan beradaptasi dalam perubahan maupun perkembangan industri saat ini, dalam mempertahankan pangsa pasar, kesusksesan, serta keberlanjutannya Indihome bergantung pada kemampuanya dalam mempertahankan dan meningkatkan Brand Loyalty. Penelitian ini bertujuan untuk memahami serta menjelaskan terkait pengaruh Brand Experience, Brand Trust, dan Customer Satisfaction terhadap Brand Loyalty. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menyajikan data hasil analisis dalam bentuk penjelasan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 170 orang yang merupakan Pengguna Layanan Indihome di Jakarta. Menggunakan probability sampling dengan teknik pusposive sampling, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survei yang menyebarkan kuesioner secara daring menggunakan google form. Pada penelitian ini menggunakan Teknik analisis Structural Equation Model (SEM) yang menggunakan software SMART-PLS, terdapat dua analisis statistic data dalam menggunakan metode SEM-PLS yaitu anlisa Outer Model dan Inner Model. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) variabel Brand Experience memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Brand trust, 2) variabel Brand Experience memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Customer Satisfaction, 3) variabel Brand Experience memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Brand Loyalty, 4) variabel Brand Trust memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Brand Loyalty, 5) variabel Customer Satisfaction tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Brand Loyalty, 6) variabel Brand Experience memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Brand Loyalty setelah di mediasi oleh variabel Brand Trust, 7) variabel Brand Experience tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Brand Loyalty setelah di mediasi oleh variabel Customer Satisfaction

English Abstract

In the current digital era, the use of the internet has become crucial. The rapid industrial development and large market potential have led to the emergence of numerous new companies providing internet services. Indihome is one of the pioneers among internet service providers at this time. Indihome must be able to face and adapt to current industry changes and developments. In order to maintain its market share, success, and sustainability, Indihome depends on its ability to maintain and increase brand loyalty. This study aims to understand and explain the influence of brand experience, brand trust, and customer satisfaction on brand loyalty. This research falls under the category of explanatory research, presenting data in the form of explanations. The approach used in this research is quantitative. The sample consists of 170 people who are Indihome service users in Jakarta. Probability sampling with a purposive sampling technique was employed. The data collection method used in this study is a survey method that distributes questionnaires online through a Google Form. The Structural Equation Model (SEM) analysis technique using SMART-PLS software was employed, with two statistical data analyses: Outer Model and Inner Model analysis. The results of this study indicate the following: 1) the brand experience variable has a positive and significant effect on the brand trust variable; 2) the brand experience variable has a positive and significant effect on the customer satisfaction variable; 3) the brand experience variable has a positive and significant effect on the brand loyalty variable; 4) the brand trust variable has a positive and significant effect on the brand loyalty variable; 5) the customer satisfaction variable does not have a positive and significant effect on the brand loyalty variable; 6) the brand experience variable has a positive and significant effect on the brand loyalty variable after mediation by the brand trust variable; 7) the brand experience variable does not have a positive and significant effect on the brand loyalty variable after being mediated by the customer satisfaction variable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030205
Uncontrolled Keywords: Brand Experience, Brand Trust, Customer Satisfaction, Brand Loyalty.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Oct 2023 05:09
Last Modified: 16 Oct 2023 05:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203877
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mufti Muhamad Sadiq.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item