Strategi Pemerintah Daerah Dalam Mendukung Pelaksanaan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (GERNAS BAKU) (Studi Pada Dinas Pendidikan Kota Kediri)

Wibowo, Ari and Dr. Alfi Haris Wanto, S.AP., M.AP., M.MG and Martina Purwaning Diah, S.AP., M.AP (2023) Strategi Pemerintah Daerah Dalam Mendukung Pelaksanaan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (GERNAS BAKU) (Studi Pada Dinas Pendidikan Kota Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rendahnya tingkat literasi Indonesia pada hasil penelitian Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) melalui Program for International Student Assessment (PISA) dan Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2015 hingga penelitian yang bertajuk The World’s Most Literate Nations (WMLN) yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada 2016 menjadikan pemerintah Indonesia terpacu untuk mencetuskan suatu gerakan literasi yang disebut dengan Gerakan Nasional Orang Tua Mmenbacakan Buku (GERNAS BAKU) pada tahun 2018. Salah satu daerah yang ikut serta dalam mensukseskan gerakan ini ialah Kota Kediri melalui Dinas Pendidikannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi serta faktor pendukung dan penghambat Dinas Pendidikan Kota Kediri dalam pelaksanaan GERNAS BAKU. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Dinas Pendidikan Kota Kediri melalui beberapa kegiatan seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik analisis model Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi Dinas Pendidikan Kota Kediri masih belum maksimal. Hal ini terlihat dari belum adanya visi, misi serta program atau langkah-langkah strategis yang dituangkan dalam bentuk dokumen dan hanya fokus pada pemberlakuan kerja sama dengan organisasi PAUD seperti HIMAPAUDI dan IGTKI. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan saran kepada Dinas Pendidikan Kota Kediri untuk membentuk tim khusus dalam rangka membagi tugas, mengawal dan mensukseskan GERNAS BAKU serta melakukan perencanaan, pengadaan dan penyaluran anggaran keuangan daerah untuk penyediaan buku bacaan, alat-alat pembelajaran serta kegiatan workshop bagi orang tua siswa PAUD.

English Abstract

The low level of Indonesian literacy from the results of research by the Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) through the Program for International Student Assessment (PISA) and the Central Statistics Agency (BPS) in 2015 to research entitled The World's Most Literate Nations (WMLN) conducted by Central Connecticut State University in 2016 prompted the Indonesian government to initiate a literacy movement called the National Movement for Parents Reading Books (GERNAS BAKU) in 2018. One of the areas that participated in the success of this movement was the City of Kediri through its Education Office. The purpose of this study was to describe and analyze the strategies and supporting and inhibiting factors of the Kediri City Education Office in relation to the implementation of GERNAS BAKU in Kediri City. The research methods used in this study are qualitative methods with a descriptive approach. The Data used in this study was obtained from the Kediri City Education Office through several activities such as observation, interviews and documentation. The analytical techniques used in the study were the analytical techniques of the Miles, Huberman and Saldana models. The results of the study show that the strategy of the City of Kediri Education Office is still not optimal. This can be seen from the lack of vision, mission and programs or strategic steps outlined in the form of documents and only focus on implementing cooperation with PAUD organizations such as HIMAPAUDI and IGTKI. Therefore, this study provides advice to the Kediri City Education Office to form a special team in order to divide tasks, oversee and make GERNAS BAKU successful and carry out planning, procurement and distribution of regional financial budgets for the provision of reading books, learning tools and workshop activities for parents of preschool students

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030146
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemerintah Daerah, Regulasi, GERNAS BAKU
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Oct 2023 09:05
Last Modified: 13 Oct 2023 09:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203658
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ari Wibowo.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item