Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Pemanfaatan Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi (Studi Pada Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya),

Widodo, Achmad Arif and Dr. Ainul Hayat, S.Pd, M.Si and Bayu Amengku Praja, S.Mn., M.Si. (2023) Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Pemanfaatan Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi (Studi Pada Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya memiliki visi untuk menjadi pusat diseminasi sumber ilmu pengetahuan untuk mendukung tercapainya Universitas Brawijaya Sebagai World Class Entrepreneurial University. Untuk mencapai hal tersebut, perpustakaan melakukan promosi melalui media sosial agar civitas akademika Universitas Brawijaya dapat memanfaatkan berbagai layanan yang disediakan. Saat ini, Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya sudah memiliki followers sebanyak 9.295 followers di Instagram dengan nama akun @ublibrary dan 453 followers di Twitter dengan nama akun @perpusub. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi melalui media sosial terhadap pemanfaatan layanan Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya. Media sosial yang dimiliki perpustakaan tersebut adalah akun Twitter dan Instagram. Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Brawijaya angkatan 2019 sebanyak 100 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis linear sederhana sebagai alat statistik dengan dibantu software SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran deskriptif variabel “Promosi Melalui Media Sosial” sebesar 2,89 pada skala 3,25 – 4,00 dan “Pemanfaatan Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi” sebesar 2,76. Kedua nilai ini berada pada skala dari 2,50 – 3,24 yang berarti tinggi. Korelasi variabel “Pemanfaatan Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi” dan “Pemanfaatan Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi” sebesar 0,521, yang mana berada di skala 0,5 – 0,75, artinya mempunyai hubungan yang kuat dan positif. Selain itu, hasil uji F memiliki nilai signifikansi 0,000, yang mana memiliki nilai di bawah 0,005, artinya mempunyai pengaruh secara simultan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah promosi melalui media sosial berpengaruh terhadap pemanfaatan layanan perpustakaan perguruan tinggi di Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya.

English Abstract

Universitas Brawijaya Central Library has a vision to become a center for dissemination of knowledge resources to support the achievement of Universitas Brawijaya as a World Class Entrepreneurial University. To achieve this, the library promotes through social media so that the academic community of Universitas Brawijaya can take advantage of the various services provided. Currently, Universitas Brawijaya Central Library already has 9,295 followers on Instagram with the account name @ublibrary and 453 followers on Twitter with the account name @perpusub. This study aims to determine and analyze the influence of promotion through social media on the utilization of Universitas Brawijaya Central Library services. Social media owned by the library are Twitter and Instagram accounts. The respondents in this study were 100 students of Universitas Brawijaya class of 2019. This type of research is quantitative research using simple linear analysis as a statistical tool with the help of SPSS version 26 software. The results of this study showed that the descriptive description of the variable "Promotion Through Social Media" was 2.89 on a scale of 3.25 – 4.00 and "Utilization of College Library Services" was 2.76. Both of these values are on a scale from 2.50 – 3.24 which means high. The correlation of the variables "Utilization of College Library Services" and "Utilization of College Library Services" is 0.521, which is on a scale of 0.5 – 0.75, meaning that it has a strong and positive relationship. In addition, the F test result has a significance value of 0.000, which has a value below 0.005, meaning that it has a simultaneous effect. The conclusion obtained from this study is that promotion through social media affects the use of college library services at the Central Library of Universitas Brawijaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030131
Uncontrolled Keywords: Promosi media sosial, pemanfaatan layanan perpustakaan, perpustakaan perguruan tingg
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 027 General libraries, archives, information centers
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:06
Last Modified: 12 Oct 2023 03:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203642
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Achmad Arif Widodo.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item