Pengaruh Tata Guna Lahan Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan Pada Jalan Raya Sekarpuro, Kabupaten Malang

Pulungan, Muhammad Bobby Cahyadi and Nailah Firdausiyah, ST., MT., Ph.D and Prof. Dr. Ir. Budi Sugiarto Waloejo, MSP. (2023) Pengaruh Tata Guna Lahan Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan Pada Jalan Raya Sekarpuro, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peningkatan jumlah penduduk setiap tahunnya berbanding lurus dengan kenaikan volume lalu lintas pada Kabupaten Malang. Hal ini menyebabkan terjadinya angka kemacetan yang cukup tinggi. Adanya rencana pengembangan pada ruas Jalan Raya Sekarpuro, ditambah lagi sebagai salah satu jalan penghubung dari Kabupaten Malang menuju Kota Malang dan arus menerus dari Exit Tol Malang mmberikan dampak yang cukup signifikan terhadap pergerakan kendaraan di Kecamatan Pakis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tata guna lahan terhadap tingkat pelayanan jalan pada Jalan Raya Sekarpuro sehingga mengetahui nilai dari kinerja jalan pada Jalan Raya Sekarpuro. Variabel yang digunakan pada penelitian ini berupa kapasitas jalan, permodelan guna lahan, serta volume lalu lintas. Adapun untuk menganalisis datanya menggunakan analisis deskriptif untuk mendeskripsikan karakteristik jalan dan guna lahan, analisis korelasi dan analisis regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis permodelan guna lahan, serta analisis kinerja jalan untuk mengetahui tingkat pelayanan jalan. Berdasarkan dari hasil penelitian didapatkan kinerja jalan Jalan Raya Sekarpuro pada weekday bernilai B dengan rasio sebesar 0.44 pada pukul 15.00–16.00 WIB dengan kontribusi volume internal sebesar 14%, volume jalan lingkungan sebesar 19%, dan volume menerus sebesar 67%. Sedangkan pada weekend, kinerja jalan Jalan Raya Sekarpuro bernilai C dengan rasio sebesar 0.54 pada pukul 12.00–13.00 WIB dengan kontribusi volume internal sebesar 12%, volume jalan lingkungan sebesar 2%, dan volume menerus sebesar 85%.

English Abstract

The increase in population every year is directly proportional to the increase in traffic volume in Malang Regency. This causes a fairly high number of traffic jams. There is a development plan for the Jalan Raya Sekarpuro section, added as a connecting road from Malang Regency to Malang City, and a continuous flow from the Malang Toll Exit has a significant impact on vehicle movements in Pakis District. This study aims to analyze the effect of land use on the level of road service in Jalan Raya Sekarpuro to know the value of road performance in Jalan Raya Sekarpuro. The variables used in this research are road capacity, land use modeling, and traffic volume. As for analyzing the data using descriptive analysis to describe road characteristics and land use, correlation analysis and multiple linear regression analysis are used to analyze land use modeling, as well as road performance analysis to determine the level of road service. Based on the research results, it was found that the performance of Jalan Raya Sekarpuro on weekdays was worth B with a ratio of 0.44 at 15.00-16.00 WIB with an internal volume contribution of 14%, environmental road volume of 19%, and continuous volume of 67%. On weekends, the performance of Jalan Raya Sekarpuro road is C with a ratio of 0.54 at 12.00–13.00 WIB with an internal volume contribution of 12%, environmental road volume of 2%, and continuous volume of 85%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523070307
Uncontrolled Keywords: Jalan, Tata-Guna-Lahan, Bangkitan-Tarikan-Pergerakan, Volume-Lalu- Lintas,Kinerja-Jalan.
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Oct 2023 01:13
Last Modified: 05 Oct 2023 01:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203490
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Bobby Cahyadi.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item