Language Ideology, Practices & Management: A Study of an Indonesian Multilingual Family.

Fitriyyah, Aina Kunny and Fatimah,, M.Appl.Ling. (2023) Language Ideology, Practices & Management: A Study of an Indonesian Multilingual Family. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Agar seorang anak dapat memperoleh suatu bahasa, orang tua memainkan peran penting dalam pendidikan anak mereka, karena sekolah pertama bagi seorang anak adalah keluarga, terutama transfer bahasa dan kemampuan anak untuk berkomunikasi dengan bahasa tersebut. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi keluarga bilingual untuk menularkan bahasa kepada anak-anak mereka. Selain itu, tidak mudah juga bagi mereka untuk memilih ideologi bahasa dan praktik bahasa serta bagaimana mereka mempertahankan bahasa yang diperoleh. Namun, hal ini memunculkan diskusi tentang bagaimana dukungan keluarga dan kebijakan bahasa harus diatur dalam keluarga bilingual untuk membantu anak-anak mereka belajar bahasa kedua. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan bahasa keluarga pada keluarga multibahasa di Bali dengan menggunakan tiga aspek, yaitu ideologi bahasa, praktik bahasa, dan manajemen bahasa. Penelitian ini juga menyelidiki dukungan orang tua terhadap anak-anak mereka dalam bahasa yang digunakan dalam keluarga. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dalam mengumpulkan data dan menganalisisnya. Data diambil dari wawancara dengan orang tua dan anak-anak dan juga dari observasi. Peneliti menggunakan teori Spolsky (2004) dalam menganalisis data. Temuan ini menunjukkan bahwa orang tua mendukung penuh anak-anak mereka untuk membantu anak-anak mereka memperoleh bahasa target. Mereka ingin anak-anak mereka menguasai bahasa ibu orang tua, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Jepang, serta Bahasa Inggris. Berbagai kegiatan dipraktekkan dalam keluarga sejak mereka masih kecil untuk mempertahankan dan mendukung pemerolehan ketiga bahasa tersebut. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa keluarga yang dipilih ini telah menetapkan kebijakan bahasa mereka dan mereka secara konsisten mendukung anak-anak mereka untuk mempraktikkan dan mempertahankan bahasa yang diperoleh.

English Abstract

In order for a child to acquire a language, parents play an important role in their child's education, because the first school for a child is the family, especially the transfer of a language and the ability of the child to communicate with that language. It is quite a challenge for bilingual families to transmit language to their children. Moreover, it is also not easy for them to choose their language ideology and language practice as well as how they maintain the language acquired. However, this led to a discussion on how family support and language policy should be set up in bilingual families to help their children learn a second language. This research aims to analyse a family language policy on a multilingual family in Bali using three aspects, namely language ideology, language practice, and language management. This research also investigates parents’ support for their children in languages used in the family. This research uses a descriptive analysis in collecting the data and analyzing them. The data were taken from interviews with both parents and children and also from observations. The researcher employs Spolsky’s (2004) theory in analysing the data. The findings show that the parents fully support their children to help their children acquire the target language. They want their children to acquire the parents’ mother tongues which are Indonesian and Japanese, and also English. Various activities were practiced in the family since they were children to maintain and support the acquisition of those three languages. Thus, the research concludes that this selected family has set up their language policy and they consistently support their children to practice and maintain the acquired languages.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523120041
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 02 Oct 2023 01:13
Last Modified: 02 Oct 2023 01:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203407
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aina Kunny Fitriyyah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item