Pengaruh Campaign Promosi, Brand Ambassador, dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Pada Konsumen Tokopedia).

Budiman, Jason Christopher and Radityo Putro Handrito,, S.E..M.M,Ph.D. (2023) Pengaruh Campaign Promosi, Brand Ambassador, dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Pada Konsumen Tokopedia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Campaign Promosi, Brand Ambassador, dan Social Media Marketing terhadap keputusan pembelian konsumen di Tokopedia. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat Indonesia. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder sserta menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik sampel minimal berusia 19 tahun sampai dengan 50 tahun, baik yang belum pernah berbelanja dan memiliki minat beli atau sudah pernah berbelanja di Tokopedia sehingga dapat diketahui hal apa saja yang mendorong keputusan pembelian. Jumlah sampel yang terkumpul sebanyak 100 responden dengan menyebarkan kuesioner menggunakan Google Form. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji f dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan Campaign Promosi dan Social Media Marketing berhasil mempengahi secara positif dan mendorong keputusan pembelian, sedangkan Brand Ambassador tidak berpengaruh signifikan dan tidak mendorong keputusan pembelian konsumen di Tokopedia. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan bukti empiris untuk penelitian srelanjutnya serta dapat membantu Tokopedia dalam menyusun strategi pemasaran untuk meningkatkan transaksi.

English Abstract

This study aims to examine the effect of Promotional Campaigns, Brand Ambassadors, and Social Media Marketing on consumer purchasing decisions at Tokopedia. The population used in this study is the Indonesian people. This study uses primary and secondary data and uses a purposive sampling technique with sample characteristics of at least 19 years old to 50 years old, whether they have never shopped or have shopped at Tokopedia. The number of samples collected was 100 respondents by distributing questionnaires using the Google Form. Data analysis techniques using validity test, reliability test, classical assumption test, and hypothesis testing using t test and f test using SPSS program. The results of the study show that the Promotional Campaign and Social Media Marketing succeeded in positively influencing and encouraging purchasing decisions, while Brand Ambassadors had no significant effect and did not encourage consumer purchasing decisions at Tokopedia. This research is expected to provide empirical evidence for further research and to assist Tokopedia in developing marketing strategies to increase transactions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020046
Uncontrolled Keywords: E-commerce, Campaign Promosi, Brand Ambassador, Social Media Marketing, Keputusan Pembelian,E-commerce, Promotional Campaign , Brand Ambassador, Social Media Marketing, Purchase Decision
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 21 Sep 2023 07:44
Last Modified: 21 Sep 2023 07:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203159
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Jason Christopher Budiman.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item