Mahendra, M. Arif Putra and Ir. Hari Dwi Utami, MS., M. Appl.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng. (2023) Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) Terhadap Keputusan Pembelian Produk McDonald’s Lowokwaru Kota Malang (Studi Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Di era globalisasi saat ini, kehidupan manusia dapat dikatakan telah modern. Era globalisasi merupakan era yang bebas dan ketat dalam persaingan. Dengan perkembangan tersebut, gaya hidup masyarakat pun semakin berkembang. Gaya hidup yang serba instan dan praktis membuat sejumlah masyarakat menginginkan kecepatan dan ketepatan dalam berbagai hal. Dengan banyaknya kegiatan manusia modern sehari-hari saat ini yang dinamis meminta mereka agar dapat bergerak aktif serta cepat. Sehingga kegiatan yang sedemikian intensif membutuhkan asupan sumber energi yang dapat mendukung pergerakan cepat mereka yaitu berupa asupan makanan dan minuman yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut secara cepat. Munculnya makanan cepat saji (fast food) seperti fried chicken, hamburger atau pizza menjadi pilihan yang tepat untuk sejumlah orang agar kegiatan dan aktivitas mereka dapat berjalan dengan lancar tanpa halangan. Makanan cepat saji mudah diperoleh dipasaran memberikan banyak variasi sesuai selera dan kemampuan beli. Makanan cepat saji (fast food) memiliki beberapa kelebihan yaitu penyajiannya viii yang cepat sehingga tidak menghabiskan waktu yang lama dan dapat dikonsumsi kapan dan dimana saja, serta higienis dianggap sebagai makanan bergengsi dan populer. Perlunya strategi pemasaran yang baik dengan mengetahui karakteristik serta perilaku konsumen. Strategi pemasaran menentukan cara mencapai target dimasa yang akan datang sehingga keuntungan yang diharapkan dapat terpenuhi. Salah satu strategi untuk mencapai target perusahaan adalah bauran pemasaran (marketing mix). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji karakteristik konsumen dalam melakukan pembelian produk di McDonald’s Lowokwaru. Mengkaji keputusan pembelian produk di McDonald’s Lowokwaru Kota Malang. Untuk menganalisis faktor- faktor manakah dari bauran pemasaran yang mempengaruhi keputusan pembelian produk di McDonald’s, Lowokwaru, Kota Malang. Objek penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah mahasiswa dan mahasiswi Universitas Brawijaya. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji analisis korelasi, uji analisis faktor, uji regresi berganda, koefisien determinasi (R²), uji t dan uji f. Data yang digunakan adalah data primer. Penelitian ini menggunakan 200 responden sebagai sampel penelitian. Alat pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu program SPSS versi 25.
English Abstract
Research was conducted at McDonald's Lowokwaru, Malang, East Java Province. This study aims to determine (i) consumers characteristic on purchasing decisions through McDonald’s Lowokwaru (ii) product purchasing decisions at McDonald's Lowokwaru Malang City (iii) Which marketing mix factors influence the decision purchases at McDonald's, Lowokwaru, Malang City. 200 respondents from brawijaya university students were selected by accidental sampling with the criteria of made purchases at McDonald's Lowokwaru and have UB email to access the google form link.. An online survey using a Google form was conducted to collect primary data. Data collection was carried out from Desember 2022 to January 2023. Descriptive analysis, factoring analysis, multiple regression and coefficient of determination were used to analyze data using SPSS version 25. Results showed that first, majority of consumers who purchased McDonald’s Lowokwaru were students aged 20 - 24 years old with an income less than IDR 1,000,000 monthly choosing PaNas menu. Second, the vi decision to purchased products at McDonald’s Lowokwaru by Brawijaya University students was made because of consumer needs and desire of consumers to try products, preferred products, want to buy back product and recommendations from others. Thrid Index 1 “Location, Facilities and Ease of Access”, Index 2 “Service, Appearance and Skills of Employees”, Index 3 “Various Prices, Product Presentation and Cleanliness of the Building Environment”, Index 4 “Varied Menu, Product Portion and Building Design”, Index 6 “Price Compatibility and Discounts”, Index 8 “Promotion through social media”, Gender and Education that have a significant positive influence on the decision to purchase McDonald's products, Lowokwaru.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523050232 |
Uncontrolled Keywords: | discount, location, product, service, and social media marketing |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry |
Divisions: | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 05:34 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 05:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203046 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
M.ARIF PUTRA MAHENDRA.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |