Kualitas Pollen dari Rumput dan Multiflora sebagai Sumber Protein terhadap Potensi Produktivitas Lebah Madu.

Wardhani, Purwitasari Ranudya and Ir. Nur Cholis, M. Si., IPM., ASEAN Eng (2023) Kualitas Pollen dari Rumput dan Multiflora sebagai Sumber Protein terhadap Potensi Produktivitas Lebah Madu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rumput merupakan jenis tanaman yang pada umumnya dimanfaatkan untuk pakan ternak ruminansia. Jenis hijauan ini bisa mudah ditemui pada lingkungan sekitar peternakan atau bahkan area rumah peternak. Struktur bagian rumput, terdapat bunga dan dari bunga tersebut dapat dimanfaatkan oleh lebah dalam mempertahankan hidupnya, beberapa jenis rumput yang bisa menghasilkan pollen yaitu rumput teki, rumput ekor kucing dan rumput para. Pollen multiflora merupakan jenis pollen yang diambil dari berbagai tanaman secara acak sesuai ketersediaan sumber pakan pada area peternakan. Populasi tanaman berpengaruh terhadap hasil produksi madu yang dihasilkan lebah. Apabila, tanaman pakan tidak tersedia melimpah maka kebutuhan pakan lebah tidak mampu tercukupi dengan baik, sehingga peternak perlu mengetahui kandungan setiap pollen yang diberikan untuk lebah agar produktivitasnya juga lebih optimal. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang dan Laboratorium PT. Saraswati Indo Genetech Surabaya yang x dimulai dari pengambilan sampel di Kabupaten Malang dan Kabupaten Mojokerto pada tanggal 5 November 2022 sampai 27 Desember 2022. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kualitas pollen terbaik dari pollen rumput dan pollen multiflora yang ditinjau dari kandungan protein, serat kasar, lemak, kadar air, abu, bahan kering dan asam amino dalam meningkatkan produktivitas lebah madu. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 250g sampel pollen rumput dan 250g sampel multiflora yang diperoleh dari tempat berbeda. Pollen yang digunakan merupakan pollen dari hasil lebah mencari pakan, kemudian dibawa ke sarang dan ditampung oleh peternak pada pollen trap. Penelitian ini menggunakan dua jenis uji yaitu uji proksimat dan uji asam amino. Pengujian proksimat menggunakan 50g sampel pollen rumput dan 50g pollen multiflora, sedangkan pada pengujian asam amino menggunakan 200g pollen rumput dan 200g pollen multiflora. Pengujian asam amino pollen rumput dan multiflora dilakukan sebanyak dua kali dan dilakukan uji T berpasangan untuk membandingkan perbedaan kandungan antara dua pollen tersebut. Data yang diperoleh dari dua pengujian sampel selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif.

English Abstract

The objective of this study was to investigate how the protein and amino acid content of grass and multiflora pollen affect the potential productivity of honeybees. The laboratory experiment used two types of tests: proximate and amino acid analyses. Proximate testing revealed various components of pollen such as protein, crude fiber, fat, ash, moisture, and dry matter. Grass pollen had 19.56% protein, 6.98% crude fiber, 3.87% fat, 9.67% moisture, 1.72% ash, and 90.33% dry matter, while multiflora pollen had 18.03% protein, 3.58% crude fiber, 4.45% fat, 9.80% moisture, 2.69% ash, and 90.20% dry matter. Grass and multiflora pollen contained 15 amino acid components, 8 of which are essential for bee growth, including arginine, histidine, lysine, phenylalanine, methionine, leucine, isoleucine, and valine. A comparison of amino acid tests did not show a significant difference in protein content between the two pollen types, but the percentage of grass pollen had a higher value, suggesting an influence on the potential productivity of honeybees. viii Understanding the pollen components can optimize bee nutrition, leading to increased honey production.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523050198
Uncontrolled Keywords: pollen, grass, multiflora, protein, amino acids
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Sep 2023 03:50
Last Modified: 15 Sep 2023 03:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202963
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Purwitasari Ranudya Wardhani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item