Amanulloh, Muhammad Yusron and Ir. Rizki Prafitri, S.Pt., M.A., Ph.D (2023) Strategi Pemasaran Susu Sapi Menggunakan Analisis SWOT Dan QSPM (Studi Kasus Pada Loper Susu Sari Asih Amanullah di Desa Samirono Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian dan pengumpulan data dilaksanakan pada tanggal 1 September 2022 sampai 1 Oktober 2022 yang bertempat di loper susu Sari Asih Amanullah di Desa Samirono Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Pada tanggal 7 sampai 14 Januari 2023 dilakukan pengumpulan data kembali untuk mengetahui dampak wabah penyakit mulut dan kaki (PMK) pada kegitan operasional. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi faktor internal dan eksternal pada loper susu Sari Asih Amanullah (2) menganalisis strategi pemasaran susu viii yang berpeluang diterapkan berdasarkan faktor internal dan eksternal pada loper susu Sari Asih Amanullah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, yaitu mengevaluasi data yang bersifat sistematis kemudian diterjemahkan dalam tulisan baku. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan observasi, wawancara berdasarkan pertanyaan terstruktur melalui kuesioner, dan dokumentasi. Penyebaran kuesioner dilakukan untuk memperoleh sampel berdasarkan responden internal dan eksternal. Responden internal dipilih secara purposive tiga orang yang dianggap sebagai informan kunci, yaitu manajer, sekretaris, dan distributor. Responden eksternal dipilih secara acak sebanyak 21 orang yang terdiri dari 10 orang konsumen, 7 orang mitra peternak/pemasok, 3 orang dari loper pesaing, dan 1 orang mewakili KUD. Analisis data yang digunakan adalah metode SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki loper, kemudian menentukan strategi prioritas melalui Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM).
English Abstract
Research and data collection were carried out on Sari Asih Amanullah's milk delivery's in Samirono Village, Getasan District, Semarang Regency. The research objective is to identify internal and external factors, as well as identify marketing strategies based on internal and external factors. The research approach employs techniques for collecting descriptive quantitative data through observation, interviews, and documentation. The SWOT and QSPM matrices are used in data analysis. The outcomes demonstrated that Sari Asih Amanullah's milk delivery's environmental elements were in good shape. Strengths are worth more than weaknesses are (S = vi 1.997 > W = 1.460) giving the internal factor matrix a positive value (+), while opportunities are worth less than threats are (O = 1.350 T = 2.004) giving the external factor matrix a negative value (-). Sari Asih Amanullah's milk delivery has high possibilities for boosting product marketing, according to the research findings, with a score of strengths and threats (ST = 4.001) achieved through a diversification strategy. The QSPM results indicate that adopting appealing packaging and enhancing product management are the priority strategies that can be applied.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523050193 |
Uncontrolled Keywords: | Delivery’s milk, Marketing, SWOT analysis, QSPM analysis. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry |
Divisions: | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 02:42 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 02:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202949 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Yusron.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |