Implementasi Pasal 4 Huruf H Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terhadap Konsumen Yang Dirugikan Akibat Wanprestasi Jasa Titip (Studi Kasus Pembelian Tiket Konser Bts Di Instagram Dan Komunitas Baia)

Maharani, Putri and Dr. Djumikasih, and Dr. Yenny Eta Widyanti, (2023) Implementasi Pasal 4 Huruf H Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terhadap Konsumen Yang Dirugikan Akibat Wanprestasi Jasa Titip (Studi Kasus Pembelian Tiket Konser Bts Di Instagram Dan Komunitas Baia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada penelitian ini peneliti mengangkat permasalahan mengenai ketidaksesuaian antara Das Sollen dan Das Sein yang menimbulkan adanya legal gap antara Pasal 4 huruf (h) Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dengan konsumen yang mengalami kerugian akibat perbuatan wanprestasi oleh pelaku usaha layanan jasa titip pembelian tiket konser BTS “Permission To Dance” online live streaming tahun 2022 di Instagram. Skripsi ini mengangkat rumusan masalah: (1) Bagaimana implementasi Pasal 4 huruf (h) Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 terhadap konsumen yang dirugikan akibat perbuatan wanprestasi oleh pelaku usaha layanan jasa titip pembelian tiket konser BTS “Permission To Dance” online live streaming tahun 2022 yang dilakukan melalui transaksi elektronik di Instagram? (2) Apa hambatan pelaku usaha? (3) Bagaimana pertanggungjawaban yang sudah dilakukan oleh pelaku usaha layanan jasa titip pembelian tiket konser BTS “Permission To Dance” online live streaming tahun 2022 di Instagram atas ketidaksesuaian dalam detail pesanan tiket konser maupun server error yang menyebabkan pelaku usaha terlambat atau tidak mendapatkan tiket konser yang telah dipesan oleh konsumen?. Skripsi ini menggunakan metode sosio legal dengan pendekatan yuridis sosiologis. Data primer dan data sekunder diolah dengan teknik purposive sampling yang dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif menggunakan teori Lawrence M Friedman mengenai efektivitas penegakan hukum, yaitu Substansi Hukum, Struktur Hukum dan Budaya Hukum. Dari hasil penelitian, peneliti memperoleh jawaban atas rumusan masalah bahwa implementasi Pasal 4 huruf (h) Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen tidak terlaksana dengan karena perbuatan wanprestasi yang dilakukan oleh pelaku usaha layanan jasa titip pembelian tiket konser BTS “Permission To Dance” online live streaming tahun 2022 di Instagram yang didukung dengan hambatan dari teori Lawrence M Friedman mengenai efektivitas penegakan hukum. Substansi hukumnya sudah mengatur secara jelas mengenai Pasal 4 huruf (h), Pasal 7 huruf (g), dan Pasal 19 huruf (a). Sedangkan struktur hukum dan budaya hukum belum terlaksana dengan baik karena pihak aparat penegak hukum yang kurang ketat dalam mengawasi pelaku usaha yang melakukan perbuatan wanprestasi dan konsumen tidak menggunakan haknya untuk melaporkan kerugiannya kepada pihak aparat penegak hukum yang menyebabkan pertanggungjawaban preventif maupun represif yang sudah dilakukan oleh pelaku usaha layanan jasa titip pembelian tiket konser tersebut belum memenuhi Pasal 7 huruf (g) dan Pasal 19 huruf (a) Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, sehingga implementasi dari Pasal 4 huruf (h) Undang-undang Perlindungan Konsumen mengenai hak konsumen tidak terlaksana dengan baik atau belum melindungi konsumen.

English Abstract

his research addresses the issue of non-conformity between Das Sollen and Das Sein, which creates a legal gap between Article 4 letter (h) of Law Number 8 of 1999 on Consumer Protection and consumers who experience losses due to breach of contract by service providers offering ticket purchase services for BTS concerts, specifically the "Permission To Dance" online live streaming concert in 2022 on Instagram. The thesis aims to answer the following research questions: : (1) the implementation of Article 4 letter (h) of Law Number 8 of 1999 regarding aggrieved consumers due to a breach of contract committed by jastip provider of the ticket purchase concerned; (2) the impeding factors affecting related businesses; (3) the accountability given by the jastip service provider in the concert ticket purchase regarding server error impeding the purchase of the concert tickets reserved by consumers. This thesis adopts a socio-legal method with a socio-legal-juridical approach. Primary and secondary data were processed using purposive sampling techniques and analyzed through qualitative data analysis using Lawrence M. Friedman's theory on the effectiveness of law enforcement, including Legal Substance, Legal Structure, and Legal Culture. The research findings indicate that the implementation of Article 4 letter (h) of Law Number 8 of 1999 on Consumer Protection is not effectively executed due to breaches of contract committed by service providers offering ticket purchase services for BTS concerts on Instagram. These breaches are further supported by the obstacles identified in Lawrence M. Friedman's theory on the effectiveness of law enforcement. While the legal substance provides clear provisions in Article 4 letter (h), Article 7 letter (g), and Article 19 letter (a), the legal structure and legal culture have not been fully established. This is attributed to the lack of strict monitoring by law enforcement authorities against business operators engaged in breaches of contract and consumers' failure to exercise their rights by reporting their losses to the appropriate law enforcement agencies. As a result, the preventive and repressive measures undertaken by service providers offering ticket purchase services for BTS concerts on Instagram do not fully comply with Article 7 letter (g) and Article 19 letter (a) of Law Number 8 of 1999 on Consumer Protection, thereby indicating a lack of effective implementation of Article 4 letter (h) in protecting consumer rights.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523010051
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 21 Aug 2023 01:32
Last Modified: 21 Aug 2023 01:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202550
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Putri Maharani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item