Penilaian dan Pengukuran Kinerja Lembaga Pendidikan (Studi Kasus pada Dinas Pendidikan Kabupaten Malang)

Mubarrak, Milla Syahara Timur and Prof. Dr. Bambang Supriyono, MS and Drs. Andy Fefta Wijaya, MDA., Ph.D (2023) Penilaian dan Pengukuran Kinerja Lembaga Pendidikan (Studi Kasus pada Dinas Pendidikan Kabupaten Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tugas Dinas Pendidikan Kabupaten Malang sebagai pelaksana otonomi daerah yang diberi mandat melaksanakan segala urusan pemerintahan daerah bidang pendidikan baik dari segi pengembangan, penyedia sarana dan prasarana serta pemenuhan kebutuhan pendidikan di kabupaten Malang. Untuk dapat mengukur ketercapaian kinerja pembangunan bidang pendidikan Kabupaten Malang dirumuskan indikator kinerja dengan target yang harus dicapai oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Malang sebagaimana yang telah ditetapkan pada Renstra periode sebelumnya (Rencana Strategis Tahun 2016-2021). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menjelaskan serta menganalisis penilaian dan pengukuran kinerja lembaga pendidikan di Dinas Pendidikan Kabupaten Malang yang meliputi cara kerja, komunikasi, dan partisipasi karyawan. Serta menganalisis Implementasi Balanced Scorecard dengan perspektif pelanggan, keuangan, proses internal, pembelajaran dan pertumbuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara, studi dokumen dan juga peristiwa. Analisis data kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis model Yin (2014: 146) pembuatan eksplanasi, yaitu menganalisis data studi kasus dengan cara membuat suatu eksplanasi tentang kasus yang bersangkutan. Berdasarkan teori tersebut, maka peneliti dapat mendeskripsikan kasus yang terjadi selama penelitian. Data yang diperoleh dalam penelitian ini kemudian akan diuji keabsahannya menggunakan triangulasi data. Hasil temuan di lapangan menunjukkan; SPM dan capaian kinerja Dinas Pendidikan Kabupaten Malang berdasarkan RENSTRA Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Tahun 2016-2021 dan berdasarkan Rencana Kerja Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Tahun 2021, serta berdasarkan dokumen LKJ Dinas Pendidikan Tahun 2021, belum mencapai secara maksimal dilihat dari cara kerja, komunikasi, dan partisipasi karyawan serta berdasarkan analisis terkait implementasi dan kinerja pada 4 perspektif Balanced Scorecard yang meliputi perspektif pelanggan, keuangan, proses internal, pembelajaran dan pertumbuhan sebagai tolok ukur kinerja lembaga Dinas Pendidikan Kabupaten Malang. Lembaga Dinas Pendidikan Kabupaten Malang perlu dan terus melakukan perbaikan melalui pengembangan yang lebih inovatif dan pengukuran kinerja menggunakan metode Balanced Scorecard dengan pendekatan key performance indicator yang lebih luas sehingga mampu memberikan pelayanan dan akuntabilitas kinerja secara maksimal.

English Abstract

The task of the Malang Regency Education Office is as the executor of regional autonomy which is mandated to carry out all regional government affairs in the field of education, both in terms of development, providing facilities and infrastructure as well as meeting educational needs in Malang Regency. To be able to measure the achievement of development performance in the education sector in Malang Regency, performance indicators are formulated with targets that must be achieved by the Malang Regency Education Office as set out in the previous Strategic Plan (Strategic Plan 2016-2021). The purpose of this study was to determine, explain and analyze the assessment and measurement of the performance of educational institutions at the Malang Regency Education Office which includes working methods, communication, and employee participation. As well as analyzing the implementation of the Balanced Scorecard with the perspectives of customers, finance, internal processes, learning and growth. The research method used is a qualitative method with data collection techniques from observations, interviews, document studies and events. The qualitative data analysis used in this research is using the Yin design analysis technique (2014: 146) making explanations, namely analyzing case study data by making an explanation about the case in question. Based on this theory, researchers can describe cases that occurred during the study. The data obtained in this study will then be tested for validity using data triangulation. The findings in the field show; The MSS and performance achievements of the Malang Regency Education Office based on the 2016-2021 RENSTRA of the Malang Regency Education Office and based on the 2021 Malang Regency Education Office's Work Plan, as well as based on the 2021 Education Office LKJ document, have not reached their maximum in terms of working, communication, and employee participation and based on analysis related to implementation on the 4 perspectives of the Balanced Scorecard which includes the perspective of customers, finance, internal processes, learning and growth as a benchmark for the performance of the Malang Regency Education Office. The Malang Regency Education Office needs and continues to make improvements through more innovative development and performance measurement using the Balanced Scorecard method with a broader key performance indicator approach so as to be able to provide maximum service and performance accountability.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0423030019
Uncontrolled Keywords: Penilaian dan Pengukuran Kinerja Lembaga Pendidikan, Balanced Scorecard,-Performance Assessment and Measurement of Educational Institutions, Balanced Scorecard
Subjects: 300 Social sciences > 378 Higher education (Tertiary education)
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen Pendidikan Tinggi, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Aug 2023 06:15
Last Modified: 18 Aug 2023 06:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202524
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Milla Syahara.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item