Pengaruh Duta Merek dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pengguna Scarlett Whitening pada Mahasiswa jurusan S1 Ilmu Administrasi Bisnis angkatan 2020/2021 dan 2021/2022 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya)

Ferdianto, Frisca Fopylia and Prof. Drs. Achmad Fauzi DH,, MA. (2023) Pengaruh Duta Merek dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pengguna Scarlett Whitening pada Mahasiswa jurusan S1 Ilmu Administrasi Bisnis angkatan 2020/2021 dan 2021/2022 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dan menganalisis pengaruh Duta Merek yang terdiri dari variabel-variabel Visibilitas, Kredibilitas, Daya Tarik, Kekuatan dan Citra Merek yang terdiri dari variabel Kekuatan Produk, Keunikan Produk, Keunggulan Produk secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian; 2) Mengetahui pengaruh Duta Merek yaitu Visibilitas secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian; 3) Mengetahui pengaruh Duta Merek yaitu Kredibilitas secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian; 4) Mengetahui Duta Merek yaitu Daya Tarik secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian; 5) Mengetahui Duta Merek yaitu Kekuatan secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian; 6) Mengetahui Citra Merek yaitu Kekuatan Produk secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian; 7) Mengetahui Citra Merek yaitu Keunikan Produk secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian; 8) Mengetahui Citra Merek yaitu Keunggulan Produk secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada delapan, yaitu Visibilitas (X1), Kredibilitas (X2), Daya Tarik (X3), Kekuatan (X4), Kekuatan Produk (X5), Keunikan Produk (X6), dan Keunggulan Produk (X7), dan Struktur Keputusan Pembelian (Y) yang variabelnya diukur dengan skala Likert. Pengumpulan data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner pada Mahasiswa jurusan S1 Ilmu Administrasi Bisnis angkatan 2020/2021 dan 2021/2022 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya dengan kriteria pernah membeli produk Scarlett Whitening, memiliki usia 18-23 tahun, dan mengetahui Brand Ambassador yang mempromosikan Scarlett Whitening. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 116 orang responden. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Visibilitas (X1), Kredibilitas (X2), Daya Tarik (X3), Kekuatan (X4), Kekuatan Produk (X5), Keunikan Produk (X6), dan Keunggulan Produk (X7) berpengaruh secara simultan dan masing-masing berpengaruh secara parsial dan signifikan, sebaiknya Scarlett Whitening mengoptimalkan Duta Merek dan meningkatkan Citra Merek untuk kegiatan periklanan agar memperkuat keputusan pembelian produk.

English Abstract

This research aims to explain: 1) The influence of Brand Ambassador consisting of the variable Visibility, Credibility, Attraction, Power, and Brand Image consisting Strength of Brand, Favorability of Brand, and Uniqueness of Brand simultaneously on Purchase Decision Structure; 2) The influence of Visibility partially on Purchase Decision Structure; The influence of Credibility partially on Purchase Decision Structure; 3) The influence of Attraction partially on Purchase Decision Structure; 4) The influence of Power partially on Purchase Decision Structure; 5) The influence of Strength of Brand partially on Purchase Decision Structure; 6) The influence of Favorability of Brand partially on Purchase Decision Structure; 7) The influence of Uniqueness of Brand partially on Purchase Decision Structure. This research uses explanatory research with a quantitative approach. The are eight variables used in this research: Visibility (X1), Credibility (X2), Attraction (X3), Power (X4), Strength of Brand (X5), Favorability of Brand (X6), Uniqueness of Brand (X7), and Purchase Decision Structure (Y). The collection of data was obtained through questionnaire distribution on Consumers who Purchased Scarlett Whitening Product with the criteria of ever purchasing Scarlett Whitening products, having age around 18-23 years, as well as knowing the Brand Ambassador promoting Scarlett Whitening. The sample used in this research is 116 respondents. The sampling technique used in this research is purposive sampling. The data analysis uses descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The result in this research showed that Visibility (X1), Credibility (X2), Attraction (X3), Power (X4), Strength of Brand (X5), Favorability of Brand (X6), Uniqueness of Brand (X7) influence simultaneously and each influence partially to Purchase Decision Structure (Y), based on the result of this research, Scarlett Whitening should optimize and enhance Brand Image for advertising activities in order to strengthen product purchasing decisions.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030069
Uncontrolled Keywords: Duta Merek, Citra Merek, Struktur Keputusan Pembelian,-Brand Ambassador, Brand Image, Purchase Decision
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:19
Last Modified: 02 Aug 2023 02:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202307
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Frisca Fopylia Ferdianto.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item