Implementasi Digital Marketing Wisata Event Budaya (Studi pada Event Jember Fashion Carnaval)

Fikri, Fadel Muhammad and Supriono, S.Sos., M.AB. (2023) Implementasi Digital Marketing Wisata Event Budaya (Studi pada Event Jember Fashion Carnaval). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada saat ini banyak entitas bisnis atau perusahaan yang merubah promosi konvensional menjadi promosi melalui digital. Hal ini dilakukan karena dianggap lebih efektif dan efisien dibanding melakukan promosi dengan cara konvensional. Salah satu yang menggunakan digital marketing sebagai media untuk melakukan promosi adalah Jember Fashion Carnaval yaitu wisata event budaya yang menggunakan konsep karnaval yang dilaksanakan selama setahun sekali. Jember Fashion Carnaval mengimplementasikan promosi melalui digital untuk dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan mudah menyampaikan informasi mengenai event. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif serta mengkaji rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana implementasi Digital Marketing wisata event budaya Jember Fashion Carnaval? (2) Bagaimana media promosi yang digunakan wisata event budaya Jember Fashion Carnaval? Peneliti melakukan wawancara langsung kepada informan untuk mendapatkan data primer dan menggunakan dokumen-dokumen terkait Jember Fashion Carnaval untuk mendapatkan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari penelitian ini didapatkan bahwa: (1) Implementasi Digital Marketing yang digunakan oleh Jember Fahsion Carnaval dilakukan dengan relatif baik, rata-rata platform digital marketing yang digunakan adalah media sosial yang familiar digunakan oleh masyarakat sehingga memiliki popularitas akun yang cukup tinggi dan pengikut yang banyak. (2) Digital marketing merupakan media utama yang digunakan Jember Fashion Carnaval untuk melakukan promosi dan menyebarkan informasi karena memiliki jangkauan yang luas dan dapat tersebar dengan pesat serta memiliki biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakan media promosi konvensional.

English Abstract

At this time, many business entities or companies are changing conventional promotions into digital promotions. This is done because it is considered more effective and efficient than doing promotions in a conventional way. One that uses digital marketing as a medium for promotion is the Jember Fashion Carnaval, a cultural event tour that uses the carnival concept which is held once a year. Jember Fashion Carnaval implements promotions through digital to be able to reach a wider market and easily convey information about the event. In this study, researchers used descriptive methods and qualitative approaches and examined the following problem formulations: (1) How is Digital Marketing implemented for Jember Fashion Carnaval cultural event tourism? (2) How is the promotional media used for the Jember Fashion Carnaval cultural event tourism? Researchers conducted direct interviews with informants to obtain primary data and used documents related to Jember Fashion Carnaval to obtain secondary data. Data collection techniques were carried out by interviews, observation, and documentation. From this study it was found that: (1) The implementation of Digital Marketing used by the Jember Fahsion Carnaval was carried out relatively well, the average digital marketing platform used was social media that was familiar to the public so that it had a fairly high account popularity and a large number of followers. . (2) Digital marketing is the main medium used by Jember Fashion Carnaval to carry out promotions and disseminate information because it has a wide reach and can spread rapidly and has a lower cost than using conventional promotional media.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030060
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing, Wisata Event Budaya,-Digital Marketing, Cultural Event Tourism
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Aug 2023 02:19
Last Modified: 01 Aug 2023 02:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202269
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
FADEL MUHAMMAD FIKRI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item