Pengaruh Labelisasi Halal, Harga, Brand Image, Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Pembelian Samyang Foods (Studi Pada Wni Muslim Yang Tinggal Di Luar Negeri)

Fariska R, Yulia Putri and Farah Wulandari Pangestuty (2022) Pengaruh Labelisasi Halal, Harga, Brand Image, Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Pembelian Samyang Foods (Studi Pada Wni Muslim Yang Tinggal Di Luar Negeri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berkembangnya teknologi di masa sekarang mengubah gaya hidup masyarakat menjadi serba cepat dan praktis. Berbagai kebutuhan pun diganti menjadi serba instan, termasuk makanan. Dalam konteks lain, pesatnya perkembangan teknologi juga mengakibatkan minat pelanggan untuk mengkonsumsi produk dari luar negeri semakin besar. Oleh karena itu, kini banyak produk makanan instan dari luar negeri yang memenuhi berbagai supermarket, termasuk makanan instan dari Korea. Diantara produk makanan yang diekspor dari Korea, mie Samyang merupakan produk makanan yang paling digemari masyarakat. Buktinya, nilai penjualan luar negeri perusahaan Samyang dari tahun 2018 sampai tahun 2021 adalah yang tertinggi jika dibandingkan dengan perusahaan makanan Korea lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang memengaruhi keputusan masyarakat dalam melakukan pembelian mie Samyang. Responden dalam penelitian ini adalah WNI muslim yang tinggal di Amerika, China dan Jepang yang pernah melakukan pembelian pada mie instan Samyang ataupun tidak. Penentuan responden menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert 1-5. Penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa labelisasi halal, harga, brand image dan pendapatan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian Samyang Foods

English Abstract

The development of technology changes people's lifestyles to be fast-paced and practical. Needs were changed to instant, including food. In another context, technological developments have also resulted in greater customer interest in consuming products from abroad. Therefore, now there are many instant food products from abroad in various supermarkets, including instant food from Korea. Among food products exported from Korea, Samyang noodles are the most popular food product by the public. The proof is that Samyang's company's overseas sales value from 2018 to 2021 is the highest compared to other Korean food companies. This study aims to analyze what factors influence people's decisions to buy Samyang noodles. Respondents in this study were Muslim Indonesian citizens living in America, China and Japan who had made purchases of Samyang instant noodles or not. Determination of respondents using purposive sampling. The data collection method used a questionnaire with a Likert scale of 1-5. This study uses logistic regression analysis. The results of this study indicate that halal labeling, price, brand image and income have a positive effect on purchasing decisions of Samyang Foo

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0522020526
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian, Regresi, Consumer Behavior, Purchase Decision, Logistic Reg
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:40
Last Modified: 28 Jul 2023 06:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202201
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
YULIA PUTRI FARISKAA R.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item