Implementasi Kebijakan Pelayanan Kegawatdaruratan Melalui Wlingi Emergency Medical Services (Studi pada RSUD “Ngudi Waluyo” Wlingi Kabupaten Blitar)

Maharani, Cintya and Dr. Ainul Hayat, S.Pd.,M.Si. and Ike Arni Noventi, S.AP., M.AP (2023) Implementasi Kebijakan Pelayanan Kegawatdaruratan Melalui Wlingi Emergency Medical Services (Studi pada RSUD “Ngudi Waluyo” Wlingi Kabupaten Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Wlingi Emergency Medical Services (WINGS) merupakan sebuah pelayanan kesehatan di bidang kegawatdaruratan yang dilaksanakan di Blitar Raya di bawah tanggung jawab RSUD “Ngudi Waluyo” Wlingi. Pelayanan pada WINGS melakukan integrasi dengan beberapa OPD dan Komunitas Sosial di Kabupaten Blitar dalam pelayanan kegawatan medis (non-trauma), kegawatan kecelakaan (trauma), dan kegawatan maternal. Pelayanan kegawatdaruratan tersebut dilaksanakan untuk mempercepat pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian terbagi menjadi dua:1) implementasi WINGS; dan 2) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan WINGS. Sumber data adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan WINGS di Kabupaten Blitar sudah berjalan sesuai kebutuhan masyarakat, dilihat dari beberapa hal yaitu : 1) Kesesuaian antara layanan yang ditawarkan dengan apa yang dibutuhkan masyarakat. 2) Kesesuaian antara tugas yang telah diatur dengan kemampuan tenaga kerja RSUD “Ngudi Waluyo” Wlingi, hal ini dinyatakan dengan kesesuaian antara jobdesk yang terlampir dengan Standar Prosedur Operasional (SPO). 3) Kesesuaian antara syarat-syarat yang diminta oleh RSUD “Ngudi Waluyo” Wlingi dengan apa yang dapat dilakukan oleh masyarakat. Dalam hal ini syarat yang diperlukan sangat mudah yaitu foto kartu identitas (KTP atau sejenisnya), penjelasan lokasi yang akurat, dan penjelasan kondisi pasien/korban. Faktor pendukung yaitu dukungan dari internal RSUD “Ngudi Waluyo” Wlingi, tim yang terdidik dan terlatih, komunikasi tim yang baik, dan komitmen tim. Faktor penghambat yaitu hambatan pelayanan pada saat pergantian shift, hambatan lokasi yang dituju, dan hambatan koordinasi dengan Public Service Center (PSC) Kabupaten Blitar. Sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan WINGS maka perlu dilakukan perbaikan melalui evaluasi kerja dan pembaharuan kebijakan mengenai SDM pada IGD dan WINGS dan mengaktifkan seluruh jejering dengan melakukan sosialisasi,edukasi,dan pelatihan di seluruh wilayah Kabupaten Blitar.

English Abstract

Wlingi Emergency Medical Services (WINGS) is a health service in the emergency sector which is carried out in Blitar Raya under the responsibility of the "Ngudi Waluyo" Wlingi Regional General Hospital. Services in the WINGS program integrate with several OPDs and Social Communities in Blitar Regency in medical emergency services (non-trauma), accident emergencies (trauma), and maternal emergencies. This emergency service is carried out to speed up health services for citizens. This research uses a descriptive research type with a qualitative approach. The research focus is divided into two: 1) implementation of the WINGS program; and 2) supporting factors and inhibiting factors in implementing the WINGS program. Data sources are primary and secondary data sources. Data collection techniques by means of interviews, observation, and documentation. The results of the research show that the WINGS program in Blitar Regency has been running according to the needs of citizens, seen from several things, namely: 1) Conformity between the services offered and what citizens needs. 2) Conformity between the tasks that have been arranged with the capabilities of the "Ngudi Waluyo" Wlingi Regional General Hospital workforce, this is expressed by the suitability between job desks attached with Standard Operating Procedures (SPO). 3) Conformity between the requirements requested by the "Ngudi Waluyo" Wlingi Regional General Hospital and what citizens can do. In this case, the requirements needed are very easy, namely a photo of an identity card (KTP or the like), an accurate description of the location, and an explanation of the patient's/victim's condition. Supporting factors are internal support from the "Ngudi Waluyo" Wlingi Regional General Hospital, an educated and trained team, good team communication, and team commitment. Inhibiting factors are service barriers at the time of shift change, destination location constraints, and coordination constraints with Public Service Center (PSC) Blitar Regency. As an effort to improve the service quality of the WINGS program, it is necessary to improve it through work evaluations and updating policies regarding HR at the IGD and WINGS and activating the entire network by conducting outreach, education and training throughout the Blitar Regency.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030046
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kegawatdaruratan, WINGS,-Implementation, Emergencies, WINGS
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:34
Last Modified: 21 Jul 2023 07:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202047
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Cintya Maharani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item