Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Generasi X Dan Generasi Z Terhadap Penggunaan Financial Technology Sebagai Alat Pembayaran Digital (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Denpasar)

Putri, Putu Emy Trimisyantari and Tyas Danarti Hascaryani (2022) Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Generasi X Dan Generasi Z Terhadap Penggunaan Financial Technology Sebagai Alat Pembayaran Digital (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Denpasar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan ekosistem fintech di Indonesia mengalami peningkatan pesat dalam lima tahun terakhir, hingga Q2 2020 terdapat 362 perusahaan fintech yang tergabung dalam Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH). Peningkatan adopsi fintech oleh masyarakat juga terlihat dari peningkatan nilai transaksi pembayaran digital sebesar 122,89% pada tahun 2017 hingga tahun 2021. Masyarakat mulai beralih menjadi cashless society pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel dari teori Technology Acceptance Model (TAM) dan pengetahuan konsumen terhadap minat bertransaksi menggunakan e-wallet. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada 96 responden generasi X dan 96 responden generasi Z yang pernah bertransaksi menggunakan e-wallet dan berdomisili di Kota Denpasar. Uji statistik dilakukan menggunakan bantuan software SPSS versi 26. Hasilnya menunjukkan bahwa variabel persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan pengetahuan konsumen secara parsial dan juga simultan terbukti memberikan pengaruh positif dan signifikan pada minat bertransaksi menggunakan e-wallet sebagai alat pembayaran digital baik pada generasi X maupun pada generasi Z.

English Abstract

The growth of the fintech ecosystem in Indonesia has been rapidly increasing in the past five years, until Q2 2020 362 fintech companies are members of the Indonesian Fintech Association (AFTECH). The increase in the adoption of fintech by the public can also be seen from the increase in the value of digital payment transactions by 122,89% from 2017 to 2021. The community began to turn into a cashless society during the Covid-19 pandemic. This research aims to determine the effect of variables from the Technology Acceptance Model (TAM) and consumer knowledge on the interest in transacting using e-wallets. This study uses a quantitative approach with multiple linear regression method. Data were obtained through questionnaires distributed to 96 respondents from generation X and 96 respondents from generation Z who had transacted using e-wallets and lived in Denpasar City. Statistical tests were carried out using the help of SPSS software version 26. The results showed that the variable perceived usefulness, perceived ease of use, and consumer knowledge partially and simultaneously proved to have a positive and significant influence on the intention to transact using e-wallets as a digital payment in both generation X and generation Z.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0522020482
Uncontrolled Keywords: Financial technology, e-wallet, technology acceptance model, Financial technology, e-wallet, technology acceptance model
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:00
Last Modified: 21 Jul 2023 03:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202020
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Putu Emy Trimisyantari Putri.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item