Perbedaan Pemahaman Manajemen Keuangan Pribadi Pada Anak Usia 9-12 Tahun Sebelum Dan Sesudah Penggunaan Papan Bermain “Jenga And Shopping” Sebagai Media Pembelajaran

WahyunI, Nur and Yeney W. Prihatiningtias, (2022) Perbedaan Pemahaman Manajemen Keuangan Pribadi Pada Anak Usia 9-12 Tahun Sebelum Dan Sesudah Penggunaan Papan Bermain “Jenga And Shopping” Sebagai Media Pembelajaran. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan pemahaman manajemen keuangan pribadi pada anak usia 9-12 tahun sebelum dan sesudah penggunaan papan bermain “jenga and shopping” sebagai media pembelajaran, dengan menggunakan metode quasi-experimental design. Penelitian dilakukan pada siswa kelas 4-6 SDN Karang Besuki 1 Malang dengan jumlah 80 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttest design. Perbedaan pemahaman manajemen keuangan pribadi setelah penggunaan papan bermain dilihat dari hasil pretest dan posttest siswa dengan cara uji wilcoxon signed test dengan bantuan SPSS 25.0 for windows. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada pretest dan posttest. Berdasarkan hasil uji wilcoxon signed test penggunaan papan bermain “jenga and shopping” bisa menjadi salah satu alternatif media pembelajaran untuk peningkatan pemahaman manajemen keuangan pribadi pada anak usia 9-12 tahu

English Abstract

This study aims to examine the differences in understanding of personal financial management in children aged 9-12 years before and after using the “jenga and shopping” playing board as a learning medium, using a quasi-experimental design method. The study was conducted on students in grades 4-6 SDN Karang Besuki 1 Malang with a total of 80 respondents. Data collection is done by pretest and posttest design. The difference in understanding of personal financial management after using the playing board was seen from the results of the students' pretest and posttest by means of the wilcoxon signed test with the help of SPSS 25.0 for windows. The results of the hypothesis test show that there is a significant difference between learning outcomes on the pretest and posttest. Based on the results of the wilcoxon signed test, the use of the “jenga and shopping” playing board can be an alternative learning media to increase understanding of personal financial management in children aged 9-12 years.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0522020477
Uncontrolled Keywords: manajemen keuangan pribadi, media pembelajaran, papan bermain “jenga and shopping”, personal financial management, learning media, board game “jenga and shopping”
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:08
Last Modified: 20 Jul 2023 07:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201993
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nur Wahyuni.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item