Analisis Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Produk Terhadap Preferensi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian (Studi Kasus Produk Food And Beverage Di Platform E-Commerce Shopee)

Azzahra, Minerva Maharani and Ajeng Kartika Galuh, (2022) Analisis Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Produk Terhadap Preferensi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian (Studi Kasus Produk Food And Beverage Di Platform E-Commerce Shopee). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Adanya virus COVID-19 yang membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan PPKM Darurat bertujuan untuk menekan kasus positif namun di sisi lain merugikan masyarakat karena tidak bisa meakukan transaksi secara langsung untuk memenuhi kebutuhannya. Namun dengan adanya e-commerce dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan kebutuhannya dengan melakukan transaksi secara online. Tiap individu masyarakat memiliki preferensi yang berbeda untuk mengambil keputusan pembelian. Sebagai seorang muslim kita diwajibkan untuk mengonsumsi produk halal selain itu kualitas produk dan harga produk pun dapat mempengaruhi preferensi konsumen dalam keputusan pembelian. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari label halal, kualitas produk, dan persepsi harga produk terhadap preferensi konsumen dalam keputusan pembelian produk food and beverage di Shopee. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif melalui analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel label halal dan persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen dalam keputusan pembelian. Sedangkan variabel kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen dalam keputusan pembelian

English Abstract

The existence of the COVID-19 virus prompted the government to issue an Emergency Community Activities Restrictions Enforcement (PPKM) policy that aimed to suppress positive cases, yet, on the other hand, detrimental to the community since they could not carry out transactions directly to meet their needs. However, the existence of e- commerce can help people to fulfill their needs by making transactions online. Each individual in the community has different preferences in making purchasing decisions. As Muslims, we are obligated to consume halal products, other than that, product quality and prices can also influence consumer preferences in purchasing decisions. Therefore, this study aims to analyze the influence of halal labels, product quality, and product price perceptions on consumer preferences in purchasing food and beverage products at Shopee. The approach used in this study is a quantitative approach through logistic regression analysis. The results showed that the variables of halal labels and price perceptions significantly affected consumer preferences in purchasing decisions. Meanwhile, the product quality variable has no significant effect on consumer preferences in purchasing decisions

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0522020444
Uncontrolled Keywords: Preferensi Konsumen, Keputusan Pembelian, Label Halal, Kualitas Produk, Persepsi Harga Produk, Consumer Preference, Purchase Decision, Halal Label, Product Quality, Product’s Perceived Price
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:31
Last Modified: 17 Jul 2023 06:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201892
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Minerva Maharani Azzahra.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item