Faktor Eksternal Dan Internal Yang Mempengaruhi Pembiayaan Bank Umum Syariah Kepada Sektor Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Indonesia Periode Januari 2015 – Desember 2021

Ria, Mega and Dr. Asfi Manzilati, (2022) Faktor Eksternal Dan Internal Yang Mempengaruhi Pembiayaan Bank Umum Syariah Kepada Sektor Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Indonesia Periode Januari 2015 – Desember 2021. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor eksternal (inflasi, BI rate, nilai tukar) dan faktor internal (CAR, ROA, NPF, FDR, DPK dan BOPO) terhadap pembiayaan yang disalurkan oleh bank umum syariah kepada UMKM. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data bulanan dengan periode waktu Januari 2015 sampai dengan Desember 2021 yang bersumber dari situs resmi Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, Kementerian Perdagangan, dan Badan Pusat Statistik. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Error Correction Model (ECM) dengan menggunakan Eviews 10 sebagai alat estimasinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam jangka pendek semua variabel memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap pembiayaan yang disalurkan oleh bank umum syariah kepada UMKM. Dalam jangka panjang, variabel inflasi, FDR, dan DPK berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembiayaan yang disalurkan oleh bank umum syariah kepada UMKM, sedangkan variabel BOPO memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap pembiayaan yang disalurkan oleh bank umum syariah kepada UMKM. Variabel lainnya, yaitu BI rate, nilai tukar, CAR, ROA, dan NPF tidak memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap pembiayaan yang disalurkan oleh bank umum syariah kepada UMKM

English Abstract

This study aims to analyze the influence of external factors (inflation, BI rate, exchange rate) and internal factors (CAR, ROA, NPF, FDR, TPF and BOPO) on the financing disbursed by Islamic commercial banks to MSMEs. The data used in this study is monthly data from January 2015 to December 2021 sourced from the official website of The Indonesian Financial Services Authority, the Central bank of Indonesia, the Ministry of Trade of the Republic of Indonesia, and the Central Bureau of Statistics. The methodology used in this study is the Error Correction Model (ECM), using Eviews 10 as an estimation tool. The results of this study indicate that in the short term, all variables have an insignificant effect on the financing disbursed by Islamic commercial banks to MSMEs. For the long-term, the inflation variable, FDR, and NPF have positively and significantly affected financing disbursed by Islamic commercial banks to MSMEs. In contrast, the BOPO variable negatively affects financing disbursed by Islamic commercial banks to MSMEs. Other variables, namely the BI rate, exchange rate, CAR, ROA, and NPF, have an insignificant effect on the financing disbursed by Islamic commercial banks to MSMEs.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0522020440
Uncontrolled Keywords: Faktor Eksternal, Faktor Internal, Bank Umum Syariah, UMKM, Error Correction Model (ECM).External Factors, Internal Factors, Islamic Commercial Banks, MSMEs, Error Correction Model (ECM)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:59
Last Modified: 17 Jul 2023 02:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201879
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
mega ria.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item