Islami, Gogon and Dian Ari Nugroho, (2022) Kajian Empiris Model Evaluasi Kirkpatrick Untuk Mengukur Efektivitas Pelatihan Kerja Secara Daring (Studi Pada Mahasiswa Magang Bank Sinarmas-Unit Usaha Syariah). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian terapan evaluatif yang bertujuan untuk mengavaluasi efektifitas kegiatan pelatihan yang diselenggarakan secara daring terhadap mahasiswa magang di Bank Sinarmas Syariah dengan menggunakan model evaluasi Kirkpatrick yang mengukur efektivitas dari empat level yaitu reaksi, pembelajaran, sikap, dan hasil. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran kuantitatif dan kualitatif dengan strategi eksplanatoris sekuensial. Analisis data kuantitatif yang digunakan yaitu secara kuantitatif deskriptif. Data diperoleh dari 49 peserta pelatihan kerja. Dalam level reaksi, pembelajaran dan sikap memperoleh hasil evaluasi yang sangat baik sedangkan level hasil memperoleh hasil yang sangat baik namun tidak maksimal. metode kualitatif dibutuhkan untuk sebagai tindak lanjut dari temuan metode kuantitatif untuk menjawab masalah penelitian secara lebih solutif. Hasil penelitian kualitatif menyimpulkan bahwa manajemen penyelenggaraan pelatihan kerja telah cukup baik namun masih terdapat kendala yang diakibatkan oleh penyelenggaraannya secara daring. Pelatihan kerja secara daring berpengaruh secara positif terhadap kesiapan kerja dibantu dengan kegiatan mentoring. Heterogenitas prestasi kerja karyawan yang terjadi diakibatkan oleh fungsi penempatan yang tidak sesuai dengan job analysis sebagai faktor utama diikuti oleh perbedaan motivasi dan kendala lapangan.
English Abstract
This research is an evaluative applied research that aims to evaluate the effectiveness of online training activities for interns at Bank Sinarmas Syariah using the Kirkpatrick evaluation model which measures the effectiveness of four levels, namely reaction, learning, attitude, and outcome. This study uses a mixed quantitative and qualitative approach with a sequential explanatory strategy. Analysis of quantitative data used is quantitative descriptive. Data were obtained from 49 job training participants. In the level of reaction, learning and attitude obtained satisfactory evaluation results, while the level of results obtained satisfactory but not optimal results. Qualitative methods are needed as a follow-up to the findings of quantitative methods to answer research problems in a more solution way. The results of the qualitative research conclude that the management of the implementation of job training has been quite good but there are still obstacles caused by its implementation online. Online job training has a positive effect on job readiness assisted by mentoring activities. The heterogeneity of employee performance that occurs is caused by the placement function that is not in accordance with the job analysis as the main factor, followed by differences in motivation and field constraints
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | :0522020420 |
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Pelatihan Kerja, Model Evaluasi Kirkpatrick, Effectiveness, Job Training, Kirkpatrick Evaluation Model |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 06:50 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 06:50 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201787 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Gogon Islami.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |