Peran Bank Sentral Dalam Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Wijaya, Asyadia Haq Zahra and Prof.Dr. Munawar,, SE., DEA. (2022) Peran Bank Sentral Dalam Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Selama satu dekade terakhir, Indonesia memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi yang relatif rendah dibandingkan dengan beberapa negara di Asia Tenggara. Peran bank sentral menjadi salah satu instrumen yang perlu diperhatikan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Oleh karena itu, menguji bagaimana bank sentral mempengaruhi pertum-buhan ekonomi melalui pengendalian inflasi, nilai tukar, dan suku bunga sebagai sebuah kebijakan merupakan tujuan dari penelitian ini. Suku bunga dan nilai tukar terbukti berkorelasi secara signifikan terhadap per-tumbuhan ekonomi baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan ARDL. Hal ini menemukan bahwa tidak ada korelasi yang signifikan antara inflasi dan pertumbuhan ekonomi dalam jangka panjang dan jangka pendek. Analisis ini menunjukkan berbagai langkah yang telah diambil oleh bank sentral untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

English Abstract

Over the past decade, Indonesia has had a relatively low economic growth rate compared to several countries in Southeast Asia. The role of the central bank is one of the instruments that need to be considered to encourage economic growth in Indonesia. As a result, examine how the central bank influence economic growth through controlling inflation, currenct rate, and interest rate as a policy is the porpuse of this study. Interest rates and exchange rates are shown to be significantly corelated to the economic growth in both the short- and long-term in this study using the ARDL approach. This discovered there is no significantly correlation between inflation and economic growth over the long and short terms. The analysis demonstrates the many steps the central bank has taken to promote economic growth.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020003
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Ekonomi, Bank Sentral, ARDL. Economic Growth, Central Bank, ARDL.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: PKN 01 UB
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:19
Last Modified: 15 Jun 2023 03:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201688
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Asyadia Wijaya.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item