Pengaruh Motivasi Menghindari Riba, Persepsi Nasabah, dan Pengetahuan Produk Bank Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pembiayaan Pada Bank Syariah Indonesia (Ex Bank Syariah Mandiri) KCP Malang Pasar Besar

Putra, Aldo Ramadanie and Aminullah Achmad Muttaqin,, M.Sc.Fin (2022) Pengaruh Motivasi Menghindari Riba, Persepsi Nasabah, dan Pengetahuan Produk Bank Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pembiayaan Pada Bank Syariah Indonesia (Ex Bank Syariah Mandiri) KCP Malang Pasar Besar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perbankan syariah sebagai bagian dari sistem nasional mempunyai peranan penting dalam perekonomian. Terdapat pandangan di mana adanya bunga dalam bank konvensional ini hukumnya haram menurut agama Islam dan dari segi ekonomi juga dinilai tidak menerapkan norma keadilan. Mayoritas masyarakat Indonesia sudah memahami akan keberadaan Bank Syariah, namun terkendala pada pemahaman produk dan persepsi masyarakat yang menilai akad-akad pada bank syariah masih menyulitkan masyarakat. Maka dari itu produk bank syariah hanya digemari oleh sebagian masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel motivasi menghindari riba, persepsi nasabah dan pengetahuan produk terhadap keputusan menjadi nasabah pembiayaan BSI KCP Malang Pasar Besar. Penelitian ini menggunakan 128 sampel dari total 239 populasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitan kuantitatif inferensial. Metode analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa motivasi menghindari riba, persepsi nasabah dan pengetahuan produk secara simultan mempunyai pengaruh positif dan signifikan. Kemudian secara parsial variabel motivasi menghindari riba dan pengetahuan produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah. Sedangkan variabel persepsi nasabah secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah.

English Abstract

Islamic banking as part of the national system has an important role in the economy. There is a view that interest in conventional banks, is unlawful according to Islam and from an economic point of view, it is also considered not to apply the norms of justice. The majority of Indonesian people already understand the existence of Islamic banks, but are constrained by product understanding and public perceptions that value contracts at Islamic banks still make it difficult for the community. Therefore, Islamic bank products are only favored by some people. This study aims to determine how the influence of motivational variables to avoid usury, customer perceptions and, product knowledge on the decision to become a customer of BSI KCP Malang Pasar Besar financing. This study used 128 samples from a total of 239 populations. This study uses an inferential quantitative research approach. The data analysis method used uses multiple linear regression analysis techniques. The research results obtained indicate that the motivation to avoid usury, customer perceptions and, product knowledge simultaneously have a positive and significant influence. Then partially the motivational variables to avoid usury and product knowledge have a positive and significant influence on the decision to become a customer. While the customer perception variable partially does not significantly influence the decision to become a customer.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522020360
Uncontrolled Keywords: Motivasi Menghindari Riba, Persepsi Nasabah, Pengetahuan Produk, Keputusan Menjadi Nasabah Pembiayaan, Motivation to Avoid Usury, Customer Perception, Product Knowledge, Decision to Become a Financing Customer
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: PKN 01 UB
Date Deposited: 15 Jun 2023 01:37
Last Modified: 15 Jun 2023 01:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201649
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aldo Ramadanie Putra.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item