Analisis Dimensi Employer Branding dan Reputasi Perusahaan Untuk Meningkatkan Minat Pelamar (Studi Pada Bank Sinarmas Unit Usaha Syariah Malang)

Anggia, Adhitya and Dr. Drs. Agung Yuniarinto, (2022) Analisis Dimensi Employer Branding dan Reputasi Perusahaan Untuk Meningkatkan Minat Pelamar (Studi Pada Bank Sinarmas Unit Usaha Syariah Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan employer branding pada Bank Sinarmas UUS KCS Malang dan reputasi perusahaan dalam meningkatkan minat pelamar pada Bank Sinarmas TBK Unit Usaha Syariah KCP Malang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu karyawan sebagai informan kunci dan calon pelamar sebagai informan utama. Sedangkan analisis data yang digunakan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi teori. Berdasarkan hasil penelitian Bank Sinarmas unit usaha syariah KCS Malang tidak menerapkan strategi employer branding dengan formal namun dimensi employer branding telah diterapakan sesuai dengan nilai ketertarikan, nilai ekonomi, nilai sosial, nilai pengembangan dan nilai manfaat. Serta reputasi perusahaan pun dinilai baik namun belum dapat disetarakan dengan Bank Syariah lainnya dan hal ini yang menjadi salah satu faktor calon pelamar berminat untuk melamar namun tidak dapat memprioritaskan Bank Sinarmas Unit Usaha Syariah KCS Malang sebagai pilihan utama.

English Abstract

The objective of this study is to identify the application of employer branding and company reputation to increase the number of applicant in the Sharia-Compliant Business Unit of Bank Sinarmasin Malang. Thisdescriptive qualitative research uses primary and secondary data acquired from interviews and documentation. The research subjects are employees as key informants and prospective applicants as maininformants. The data was analyzed through data reduction, data presentation, and conclusion drawing, whilethe validity was assessed using source, method, and theoretical triangulation. This study finds that the Sharia-Compliant Business Unit of Bank Sinarmas in Malang does not formally apply employer branding,but it has been implemented according to values of interest, economy, social, development, and usefulness.Furthermore, the business unit has a good reputation, but it is not as good as that of other Islamic banks. This is one of the factors that make prospective applicants have some interest to apply to the Sharia- Compliant Business Unit of Bank Sinarmas, but they do not make the bank as their main priority.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522020358
Uncontrolled Keywords: Employer Branding, Reputasi Perusahaan, Minat Pelamar, employer branding, company reputation, applicant’s interest
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PKN 01 UB
Date Deposited: 14 Jun 2023 07:36
Last Modified: 14 Jun 2023 07:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201639
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Adhitya Anggia.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item