Penerapan Desain Layanan dan Pengaruh Penggunaan Layanan E-commerce terhadap Pendapatan Rumah Makan (Studi pada Rumah Makan Gudeg Diajeng)

Sari, Patricia Sukma Ditya Pramitha and Prof. Dr. Ir. Djoko Koestiono, MS. and Anisa Aprilia, SP., MP., M.BA. (2023) Penerapan Desain Layanan dan Pengaruh Penggunaan Layanan E-commerce terhadap Pendapatan Rumah Makan (Studi pada Rumah Makan Gudeg Diajeng). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan desain layanan pada rumah makan dan pengaruh penggunaan layanan e-commerce terhadap tingkat pendapatan. Penelitian dilakukan pada rumah makan Gudeg Jogja Diajeng di Jakarta. Rumah makan tersebut dipilih karena mengalami penurunan penjualan pada tahun 2019 dan beralih menggunakan layanan e-commerce untuk meningkatkan penjualan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan observasi langsung ke tempat usaha. Metode analisis penerapan desain layanan dilakukan dengan menggunakan diagram Process Chain Network (PCN) untuk menggambarkan proses layanan yang diterapkan. Teknik analisa data menggunakan uji beda Paired Sample t-test dengan sampel data penjualan selama 2 tahun, yaitu Oktober 2020 hingga September 2021 untuk data sebelum menggunakan e-commerce ShopeeFood dan Oktober 2021 hingga September 2022 untuk data sesudah menggunakan ecommerce ShopeeFood. Hasil analisis desain layanan melalui diagram PCN directly dan melalui ecommerce menunjukkan bahwa posisi domain terbaik berada pada direct interaction karena memungkinkan restoran menerima kritik dan saran langsung dari pelanggan (directly) serta penyampaian masukan langsung dari driver sebagai perantara yang menghubungkan langsung dengan pelanggan (melalui ecommerce). Sementara domain yang harus ditingkatkan berdasarkan hasil diagram PCN directly maupun melalui e-commerce berada pada domain independent processing. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan karyawan akan produk sehingga diperlukan peningkatkan tanggung jawab pada proses pengolahan mandiri dan peningkatan kinerja karyawan dalam membuat dan mempersiapkan pesanan sehingga diharapkan karyawan dapat lebih informatif dan cekatan.

English Abstract

This study aims to determine the application of service design in restaurants and the effect of using e-commerce services on income levels. The research was conducted at the Gudeg Jogja Diajeng restaurant in Jakarta. The restaurant was chosen because it experienced a decline in sales in 2019 and switched to using ecommerce services to increase sales in 2021. Data collection methods are done by using interviews and direct observation in the place of business. The analysis method for implementing service design is carried out using a Process Chain Network (PCN) diagram to describe the service process implemented. The data analysis technique uses a Paired Sample t-test with a sample of sales data for 2 years, namely October 2020 to September 2021 for data before using the ShopeeFood e-commerce and October 2021 to September 2022 for data after using the ShopeeFood e-commerce. The results of service design analysis through PCN diagrams directly and ecommerce show that the best domain position is in direct interaction because it allows restaurants to receive direct criticism and suggestions from customers (directly) as well as deliver direct input from drivers as intermediaries who connect directly with customers (through e-commerce). While the domains that must be improved based on the results of the PCN diagram directly or through e-commerce are in the independent processing domain. This is due to employees' lack of knowledge about the product, so it is necessary to increase responsibility in the independent processing process and increase employee performance in making and preparing orders so that employees are expected to be more informative and agile.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523040124
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: PKN 01 UB
Date Deposited: 09 Jun 2023 07:24
Last Modified: 09 Jun 2023 07:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201363
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Patricia Sukma Ditya Pramitha Sari.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item