Berbagi Ruang Omotenashi Berdasarkan Konsep Kehangatan dan Kekeluargaan Pada Kawasan Jam Gadang Kota Bukittinggi

Safitri, Fanny and S. T., M. T., Ph. D., Imma Widyawati Agustin, and S. T., M. T., Dr. Septiana Hariyani, (2023) Berbagi Ruang Omotenashi Berdasarkan Konsep Kehangatan dan Kekeluargaan Pada Kawasan Jam Gadang Kota Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kawasan Jam Gadang merupakan titik sentral kegiatan di Kota Bukittinggi yang ditandai dengan guna lahan kawasan yang didominasi oleh kegiatan perdagangan dan jasa serta kegiatan pariwisata. Besarnya daya tarik kawasan ini tidak berbanding lurus dengan penyediaan infrastruktur perkotaan berupa jalur pejalan kaki, dimana jalur pejalan kaki disalahfungsikan oleh pedagang kaki lima ataupun pemilik toko untuk berjualan di sepanjang jalur pejalan kaki serta adanya pengguna kendaraan bermotor yang melakukan parkir secara illegal di jalur pejalan kaki. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja jalur pejalan kaki serta aspek kehangatan dan aspek kekeluargaan di Kawasan Jam Gadang sehingga dapat menyusun desain berbagi ruang yang dapat diterapkan pada Kawasan Jam Gadang. Penelitian ini mengevaluasi kinerja operasional jalur pejalan kaki melalui Level of Service (LOS), sedangkan kinerja pelayanan akan dianalisis menggunakan analisis IPA. Aspek Kehangatan dianalisis dengan mengidentifikasi keunikan Kawasan Jam Gadang melalui daya tarik fisik, daya tarik sosial dan daya tarik historis. Aspek kekeluargaan dianalisis dengan mengidentifikasi karakteristik dan kinerja dari parkir on-street legal yang ada di Kawasan Jam Gadang, dan juga mengidentifikasi jumlah pengguna angkutan umum yang melakukan interaksi pada Kawasan Jam Gadang. Rekomendasi dan prioritas peningkatan kinerja jalur pejalan kaki, aspek kehangatan dan aspek kekeluargaan akan dianalisis menggunakan analisis QFD. Hasil dari analisis QFD akan digunakan sebagai input analisis berbagi ruang, dan mengahasilkan desain berbagi ruang yang dapat diterapkan pada kawasan Jam Gadang. Hasil akhir penelitian menujukkan jika memberikan desain berbagi ruang yang dipilih oleh pejalan kaki adalah dengan model jalan dan trotoar dengan perkeresan paving dan tanpa pembatas antara pejalan kaki dan pengguna kendaraan, sedangkan pengguna kendaraan memilih desain berbagi ruang dengan perkerasan jalan menggunakan aspal dan perkerasan trotoar menggunakan pving

English Abstract

The Jam Gadang area is a central point of activity in Bukittinggi City which is characterized by land use in an area dominated by trade and service activities as well as tourism activities. The magnitude of the attractiveness of this area is not directly proportional to the provision of urban infrastructure in the form of pedestrian paths, where pedestrian paths are misinterpreted by street vendors or shop owners to sell along pedestrian paths and there are motor vehicle users who park illegally on pedestrian paths and will affect safety risk for both pedestrians and vehicle users. This study aims to evaluate the performance of the pedestrians of Jam Gadang Area at Bukittinggi City, and analyze aspects of warmth and familiarity aspects at Jam Gadang Area and develop a share space design that can be applied to the Jam Gadang Area. This study evaluates operational performance through the Level of Service (LOS) of pedestrians, while services performance will be analyzed using IPA analysis. The Warmth Aspect was analyzed by identifying the uniqueness of the Jam Gadang Area through physical attractiveness, social attraction and historical attraction. The familiarity aspect was analyzed by identifying the characteristic and performance of legal on-street parking at Jam Gadang Area, and identifying the number of public transportation users who interceded at Jam Gadang Area. The warmth aspect will be analyzed with descriptive analysis, while the familyarity. Recommendations and priorities for improving the performance of pedestrian paths, warmth aspects and familiarity aspects will be analyzed using QFD analysis. The results of the QFD analysis will be used as input for the space-sharing analysis, and generate a space-sharing design that can be applied to the Jam Gadang area. The final results of the study show that providing a space-sharing design chosen by pedestrians is with a model of roads and sidewalks with paving and without barriers between pedestrians and vehicle users, while vehicle users choose a space-sharing design with road pavements using asphalt and pavement pavements using pving

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523070038
Uncontrolled Keywords: Berbagi-Ruang, Jalur-Pejalan-Kaki, Aspek-Kehangatan, Aspek-Kekeluargaan, Parkir-On-Street .- Share-Space, Pedestrian-Way, Warmth-Aspect, Familiarity-Aspect, Parking-on- Street
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: PKN 02 UB
Date Deposited: 07 Jun 2023 02:29
Last Modified: 07 Jun 2023 02:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201016
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fanny Safitri.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (11MB)

Actions (login required)

View Item View Item