Djohar, Muhammad Basith Devinnul and Lusy Deasyana Rahma Devita,, S.AB., M.AB. (2022) Pengaruh Servicescaoe terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi pada Baratimur Coffee. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Baratimur kopi merupakan salah satu kedai kopi yang ada di Kota Malang. Berpindahnya Baratimur kopi membuat menjadi ada beberapa perbedaan. Berdasarkan informasi yang diperoleh terdapat keluhan terkait penataan ruang yang tidak nyaman, penempatan meja yang memaksakan, dan kurangnya ketersedian dalam tempat pengisian daya alat elektronik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh servicescape secara simultan terhadap kepuasan konsumen. (2) Mengetahui pengaruh Kondisi Sekitar secara parsial terhadap Kepuasan Konsumen. (3) Mengetahui pengaruh Tata Letak Ruang dan Fungsionalitas secara parsial terhadap kepuasan konsumen. (4) Mengetahui pengaruh Tanda, Simbol, dan Artefak secara parsial terhadap Kepuasan Konsumen. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 116 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisi Regresi Linier Berganda sebelumnya dilakukan Uji Validitas dan Reliabilitas, selanjutnya dilakukan Uji Asumsi Klasik yang meliputi Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, dan Uji Heteroskedastisitas dengan nilai signifikansi 5%. Hasil penelitian ini memberikan fakta bahwa Kondisi Sekitar dan Tanda, Simbol, dan Artefak berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Hasil dari Tata Letak Ruang dan Fungsionalitas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Berdasarkan hasil penelitian ini variabel yang dominan mempengaruhi Kepuasan Konsumen adalah Kondisi Sekitar.
English Abstract
Baratimur Coffee is one of many coffee shop in Kota Malang City. Baratimur Coffee shifted to a new place and make itu much different. Based on the information obtained, there are complaints related to services at Baratimur Coffee such as a uncomfortable spatial layout, inappropriate table placement, and lack of charging station for electronics. The aims of this research are (1) Knowing the impact of of servicescape simultaneously on customer’s satisfaction. (2) Knowing the impact of Ambience Conditions partially on Customer’s Satisfaction. (3) Knowing the impact of Spatial Layout and Functionality partially on Customer’s Satisfaction. (4) Knowing the impact of Sign, Symbols, and Artifacts partially on Customer’s Satisfaction. The number of sample used in this research were 116 respondent. Sample collecting method used on this research is nonprobability sampling with purposive technique. The analysis method used in this research is multiple linier regression analysis with validity and reliability test conducted before. Further continued with classic assumption test which include normality test, multicollinearity test, and heteroscedasticity test with 5% significance value. The results of this research found that Ambience Conditions and Sign, Symbols, and Artifact positively and significantly take effect on Customer’s Satisfaction. The result of Spatial Layout and Functionality take a positive effect on Customer’s Satisfaction but not significantly. Based on the results of this research, the dominant variabel affecting the Customers Satisfaction is Ambience Conditions
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522030248 |
Uncontrolled Keywords: | Servicescape, Kondisi Sekitar, Tata Letak Ruang Dan Fungsioniltas, Tanda, Simbol, Dan Artefak, Kepuasan Konsumen. .- Servicescape, Ambience Conditions, Spatial Layout and Functionality, Sign, Symbol, and Artifacts, Consumer Satisfaction. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 29 May 2023 03:29 |
Last Modified: | 29 May 2023 03:29 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200540 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
MUHAMMAD BASITH DEVINNUL DJOHAR.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |