Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Destinasi Wisata (Studi Pada Followers Instagram @Amazingmalang)

Fitrahmaafrif, Muhamdany and Raden Rustam Hidayat,, Dr. Drs, M.Si and Sukmawati Nur Salamah.,, SS., M.Si (2022) Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Destinasi Wisata (Studi Pada Followers Instagram @Amazingmalang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Malang memiliki banyak tujuan wisata antara lain wisata kuliner khas Kota Malang, wisata warisan budaya, wisata alam, wisata religi, wisata desa, wisata pendidikan, dan wisata belanja. Sebagai salah satu kota destinasi wisata, antusiasme masyarakat meningkat dengan turut membantu mempromosikan pariwisata kota Malang melalui berbagai macam media sosial di antaranya adalah Instagram. Salah satun akun Instagram yang aktif dalam mempromosikan wisata Kota malang adalah akun instagram @amazingmalang. @amazingmalang adalah akun yang dibuat oleh masyarakat dan digunakan sebagai media promosi dan berbagi informasi tentang destinasi pariwisata di Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertisipasi, keterbukaan, perbincangan, komunitas, keterhubungan terhadap keputusan berkunjung ke destinasi wisata di Malang secara simultan dan parsial melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 100 responden yang diambil dari followers instagram @amazingmalang yang dihitung dengan menggunakan rumus Slovin. Penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling. Hasil penelitian yang dilakukan dengan hasil uji F (simultan) dapat ditarik kesimpulan doijelaskan bahwa Partisipasi, Keterbukaan, Percakapan, Komunitas, Keterhubungan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Berkunjung ke destinasi wisata. Sedangkan berdasarkan uji t (Parsial) di dapatkan hasil bahwa pertisipasi, keterbukaan, perbincangan, komunitas, keterhubungan terhadap keputusan berkunjung ke destinasi wisata di Malang berpengaruh secara parsial. hasil uji t (parsial) mendapati bahwa Komunitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Berkunjung Ke Destinasi Wisata. Hal ini dapat ditunjukan dengan t hitung > t tabel (6,525 > 1,985) dan memiliki pengaruh paling tinggi terhadap minat berkunjung dibandingkan dengan indikator lainnya.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522030245
Uncontrolled Keywords: pertisipasi, keterbukaan, perbincangan, komunitas, keterhubungan, keputusan berkunjung, destinasi wisata
Subjects: 900 History, geography and auxiliary disciplines > 910 Geography and travel
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 May 2023 02:52
Last Modified: 29 May 2023 02:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200520
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
muhamdany firahmaarif.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item