Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan E-KTP Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek

Purwaningtyas, Meilinda Sukma and Drs. Romula Adiono,, M.AP. and Rispa Ngindana,, S.AP., M.AP (2022) Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan E-KTP Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan publik dalam pembuatan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek, dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kualitas pelayanan publik dalam pembuatan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek. Teori yang digunakan adalah Zeithhaml, Parasuraman & Berry dalam Hardiansyah (2018:63) tentang kualitas pelayanan publik, yaitu Tangibles (Berwujud), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), dan Emphaty (Empati). Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data yang digunakan yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dalam pembuatan E-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek adalah dimensi Tangibles (Berwujud) belum berkualitas, dimensi Reliability (Kehandalan) belum berkualitas, dimensi Responsiveness (Daya Tanggap) berkualitas, dimensi Assurance (Jaminan) belum berkualitas, dan dimensi Emphaty (Empati) belum berkualitas. Sedangkan faktor pendukung yaitu, Sistem Kerja dan Sistem Pelayanan serta Lingkungan Fisik Tempat Kerja. Faktor penghambat yaitu, Motivasi Kerja Karyawan serta Perlengkapan dan Fasilitas. Saran dari penelitian ini adalah perlu peningkatan kualitas pelayanan dengan menambah sarana dan prasarana, memberikan instruksi di pagi hari dan mengadakan training incidental, memaksimalkan sosialisasi mengenai persyaratan e-KTP serta memberikan motivasi kepada masyarakat dalam meningkatkan minat untuk mengurus dokumen kependudukan, memaksimalkan kualitas Sumber Daya Manusia, perlu adanya pengawasan dan penindakan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek.

English Abstract

The purpose of this study was to describe the quality of public services in making E-KTP at the Trenggalek Regency Population and Civil Registration Service, and to describe the supporting and inhibiting factors for the quality of public services in making E-KTP at the Trenggalek Regency Population and Civil Registration Service. The theory used is Zeithhaml, Parasuraman & Berry in Hardiansyah (2018: 63) regarding the quality of public services, namely Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, and Empathy. The method used is qualitative with a descriptive approach. The type of data used is used in the form of primary data and secondary data. Data collection techniques with observation, interviews and documentation. The results showed that the quality of service in making E-KTP at the Department of Population and Civil Registration of Trenggalek Regency was that the Tangibles dimension was not yet qualified, the Reliability dimension was not qualified, the Responsiveness dimension was quality, the Assurance dimension was not qualified, and the dimension of Empathy (Empathy) is not yet qualified. While the supporting factors are Work Systems and Service Systems as well as the Physical Environment of the Workplace. Inhibiting factors namely, Employee Motivation and Equipment and Facilities. Suggestions from this study are that it is necessary to improve the quality of service by adding facilities and infrastructure, providing instructions in the morning and conducting incidental training, maximizing socialization regarding e-KTP requirements and providing motivation to the public in increasing interest in taking care of population documents, maximizing the quality of Human Resources , there needs to be supervision and enforcement from the Department of Population and Civil Registration of Trenggalek Regency.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522030243
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pelayanan, E-KTP, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek .- Quality, Service, E-KTP, Department of Population and Civil Registration of Trenggalek Regency
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 May 2023 02:30
Last Modified: 29 May 2023 02:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200508
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Meilinda Sukma Purwaningtyas.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item